October 30, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

2020 Tidak Ada Kenaikan Gaji ASN di Hong Kong, Bagaimana dengan Kenaikan Gaji PRT Asing¬¬ ?

1 min read
Prime Banner

HONG KONG – Mempertimbangkan situasi dan kondisi stabilitas perekonomian Hong kong saat ini, Dewan Eksekutif Hong kong pada Selasa (02/06/2020) kemarin mengetuk palu membekukan kenaikan gaji 180 ribuan ASN di Hong Kong.

Dalam keterangan pers yang sampai di meja ApakabarOnline.com, Chief  Executive Hong Kong, Carrie Lam menyatakan langkah tersebut sebagai konsekwensi melalui masa-masa sulit di Hong Kong saat ini.

Carrie Lam menyebut, pageblug COVID-19 sebagai masa yang paling sulirt pernah terjadi di Hong kong selama ini.

Sejatinya, sebelumnya diusulkan gaji ASN di Hong Kong untuk tahun 2020 akan mengalami kenaikan antara 1,15% hingga 1,98%. Jika dibanding tahun sebelumnya, prosentase tersebut sangat rendah. Tahun sebelumnya, ASN Hong Kong mendapatkan kenaikan gaji sebesar 4,75% dan 5.26%.

Mengutip RTHK, keputusan pembekuan kenaikan gaji tersebut dikritik oleh Ketua Asosiasi ASN Hong Kong, Leung Chau Ting.

Kekecewaan Leung bukan tanpa alasan. Pembekuan kenaikan gaji yang dilakukan Pemerintah Hong Kong untuk 180-an ribu ASNnya dikhawatirkan akan diikuti oleh pihak lain hingga membuat daya beli masyarakat akan menurun lantaran gaji pegawai/karyawan swasta serta pekerja tidak mengalami kenaikan.

Bagaimana dengan gaji pekerja rumah tangga asing di Hong Kong ?

Tentu, setiap PRT Asing di Hong Kong menginginkan kenaikan pokok gaji yang mereka terima setiap bulannya. Kenaikan gaji pekerja rumah tangga asing di Hong kong biasanya diumumkan antara bulan Agustus-September setiap tahunnya dengan telah sebelumnya melewati proses pembahasan.

Seperti kekhawatiran Leung, apakah pembekuan kenaikan gaji ASN juga akan membuat gaji PRT Asing di Hong Kong beku dari kenaikan ? Tunggu perkembangan selanjutnya. []

Advertisement