Prime banner

KWUN TONG – Mengkonsumsi makanan yang langsung dipetik dari alam liar, disamping memiliki sensasi tersendiri saat mengkonsumsi, juga dianggap memiliki kualitas yang lebih bagus dan terbebas dari pengaruh pupuk kimia yang merugikan tubuh manusia jika memakannya. Begitu juga dengan jamur. Hampir diseluruh belahan dunia ini, jamur dikenal sebagai salah satu makanan sumber protein nabati yang memiliki kelas tersendiri. Pun demikian dengan masyarakat Hong Kong.

Namun, jika kegemaran mengkonsumsi jamur, tidak diiringi dengan pengetahuan yang cukup, berpotensi mengakibatkan salah dalam memilih jamur di alam bebas, yang selanjutnya, rawan mengakibatkan keracunan.

Seperti yang terjadi di Kwun Tong pada Selasa (12/06/2018) kemarin, pasangan suami istri warga Hong Kong, memetik jamur dari alam liar di Taman Liguna, Kwun Tong. Jamur tersebut di dapat dari hamparan rerumputan.  Oleh keduanya, jamur yang ditemukan saat melakukan aktifitas olah raga pagi, dianggap jamur lezat seperti yang pernah mereka konsumsi sebelumnya. Tidak salah memang, cara mereka menyimpulkan berdasarkan kesamaan fisik jamur tersebut.

Namun, setelah jamur tersebut mereka bawa pulang, kemudian meminta PMI yang bekerja di rumah mereka untuk memasaknya, tidak lama berselang setelah mereka bertiga makan siang, jamur yang mereka makan bertiga mengakibatkan keracunan.

Diberitakan Headline Daily, menyadari telah menderita keracunan jamur, majikan kemudian menelpon nomor darurat untuk meminta pertolongan. Ketiganya langsung dievakuasi ke layanan gawat darurat di United Christian Hospital, setelah petugas menemukan mereka dalam kondisi pusing, muntah-muntah, berkeringat hebat, dan dipengaruhi oleh halusinasi.

Otoritas kesehatan Hong Kong menyebut, kasus keracunan jamur seperti yang dialami oleh mereka bertiga terbilang langka di Hong Kong, meskipun beberapa tahun sebelumnya pernah terjadi. Dalam kesempatan tersebut, Otoritas Kesehatan Hong Kong mengingatkan masyarakat, sebaiknya mengkonsumsi jamur yang dibeli di pasaran lantaran lebih terjamin keamanannya.

Keracunan jamur di Hong Kong memang tidak sampai mengakibatkan kematian, namun, dampak halusinasi dan diare akibat racun yang dikandung oleh jamur, merasuk kedalam saraf melalui aliran darah hasil absorsi, memerlukan waktu hingga beberapa hari untuk menghilangkan dampaknya. [Asa]

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner