Prime banner

HONG KONG – Sebanyak 33 calon jemaah haji Indonesia hari ini, Selasa (22/8), berangkat dari Hong Kong. Para calon haji dilepas langsung oleh Konsul Jenderal Tri Tharyat di lobi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hong Kong.

“Meskipun sempat ada kendala, alhamdulillah 33 orang jemaah kita dapat berangkat berhaji tahun ini,” kata Konjen Tri Tharyat, saat menyampaikan pesan sambutan kepada para jemaah.

Di Tanah Suci, 33 jemaah calon haji menggunakan dua fasilitas layanan haji berbeda. Penyebabnya, tahun ini Konsulat Jenderal Arab Saudi menunjuk Mian Travel sebagai satu-satunya travel yang dibolehkan untuk menyelenggarakan haji dari Hong Kong.

Akhirnya, sebanyak lima orang berhaji menggunakan layanan Haji Luar Negeri yang disediakan Koperasi Sejahtera KJRI Jeddah. Mereka merupakan pemegang paspor diplomat. Diantaranya, Konsul Kejaksaan KJRI Hong Kong Sri Kuncoro beserta istri dan ibunya.

Sedangkan 28 orang lainnya, pemegang paspor biasa, menggunakan layanan haji yang disediakan Mian Travel. Diantaranya, slaah satu pejabat Bank Mandiri Sipakko M Nainggolan dan istri, serta dua staf KJRI, Irwansyah dan Teguh Subaryanto.

Baca : [Alhamdulilah, 208 PMI Korsel Tunaikan Ibadah Haji Tahun Ini]

Terkait itu, Konjen Tri Tharyat mewanti-wanti para calon haji, terutama yang menggunakan jasa Mian Travel.

“Selama di Tanah Suci, tolong ikuti arahan dari Ustadz Muhaemin (Abdul Muhaemin Karim). Beliau sudah fasih soal ibadah haji. Insyaallah, aman dan lancar,” ujarnya.

Pelaksanaan ibadah haji cukup dinamis. Namanya juga banyak orang berkumpul di satu tempat yang sama. Jadi, harus banyak maklum dan sabar nanti di sana,” ujar Tri Tharyat.

Dari 33 calon haji yang tahun ini berhaji, terdapat 17 orang pekerja migran Indonesia (PMI). Dengan menggunakan layanan yang diberikan Mian Travel, mereka membayar ongkos haji sebesar HK$29,000 dan US$400 (senilai HK$3,100) biaya administrasi.

Para jemaah calon haji akan kembali ke Hong Kong pada 11 September 2017. Mereka akan berada di Tanah Suci selama 19 hari.

Acara pelepasan jemaah calon haji ramai dihadiri banyak kalangan. Selain para pejabat dan staf KJRI Hong Kong, juga hadir beberapa pejabat BUMN.

Acara juga diramaikan kehadiran banyak PMI Hong Kong yang turut mendoakan dan mengiringi calon haji. “Saya yakin, semua yang hadir di sini dan belum diberi kesempatan ke Tanah Suci akan disegerakan untuk berhaji di tahun-tahun mendatang,” kata Ustadz Abdul Muhaemin.

Semoga menjadi Haji Mabrur! [Razak]

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner