Prime banner

HONG KONG – Hong Kong Observatori mengeluarkan peringatan akan bahaya kebakaran lantaran di musim gugur kali ini rentan sekali terjadi, baik di kawasan pemukiman mauppun di kawasan hutan dan pegunungan. Kelembaban udara yang relatif rendah, ditopang dengan hembusan angin kering membuat semak belukar di lereng pegunungan kering. Gesekan antar semak bellukar yang dalam kondisi kering saat terpapar panas matahari siang hari, ditengarai sebagai sumber utama munculnya titik api.

Dilansir dari HK01.com, dinas pemadam kebakaran Hong Kong merilis informasi, hari ini ada 40 titik api yang tersebar di sebagian besar wilayah New Territories yaitu sebanyak 36 titik dan 4 titik api Hong Kong Island.

40 titik tersebut menimbulkan bencana kebakaran hutan yang beberapa diantaranya membahayakan pemukiman. Polusi udara lantaran hembusan asap di udara bebas berbahaya bagi manusia dan makhluk hidup yang menghirupnya.

Kebakaran telah mengurung beberapa bangunan perumahan di kawasan New Territories. Foto | hk01
Kebakaran telah mengurung beberapa bangunan perumahan di kawasan New Territories. Foto | hk01

Dalam beberapa foto yang dipublikasikan oleh hk01.com, tampak kebakaran mendekati kawasan pemukiman. Ada juga sebuah pemukiman di lereng pegunungan yang bangunannya telah dikelilingi api.

Seorang BMI Terluka, Gara-Gara Majikan Bakar Dupa

Dinas pemadam kebakaran menghimbau kepada masyarakat, yang sedang melakukan ibadah ritual dengan menggunakan dupa, harap memastikan dupa dinyalakan ditempat yang terlindung dari angin dengan dinding pelindung tahan api. Dan ketika selesai melakukan ibadah, masyarakat dihimbau untuk memastikan bahwa api telah benar-benar padam.

Dalam 20 tahun terakhir, Dinas pemadam kebakaran menyebut, kebakaran yang terjadi hari ini merupakan kebakaran yang paling parah yang pernah melanda Hong Kong.Bagi masyarakat yang beraktifitas diluar ruangan, disamping menggunakan masker, juga dihimbau untuk menjauhi sumber api jika melihat ada kebakaran. [Asa/hk01]

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner