April 19, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Mau Kerja Ke Luar Negeri ? Cukup Datang Ke Sini

1 min read

CIREBON – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Cirebon membuat inovasi Layanan Terpadu Satu Atap Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LTSA-P2TKI). Layanan itu untuk mempermudah para calon PMI untuk berangkat ke luar negeri.

LTSA-P2TKI merupakan pelayanan persyaratan pemberangkatan TKI satu atap di Asrama Polisi Krucuk Jl Slamet Riyadi No 2 Cirebon. Para calon PMI yang hendak berangkat ke luar negeri tidak lagi harus datang ke instansi terkait untuk memenuhi persyaratan, tapi cukup mendatangi kantor LTSA-P2TKI.

Kantor LTSA-P2TKI terdapat instansi seperti disdukcapil, BNP2TKI, disnakertrans, dinkes, BPJS, petugas kepolisian. Selain itu terdapat pelatihan bagi calon TKI luar negeri yang bekerja sama dengan disnakertrans.

Kantor LTSA-P2TKI diresmikan Rabu (6/12) lalu. Menurut Bupati Sunjaya Purwadisastra, dibukanya layanan satu atap itu untuk memudahkan para calon PMI mengurus administrasi persyaratan keberangkatan bekerja ke luar negeri.

“Dengan ini para pencari kerja keluar negeri tidak lagi kesulitan mengurus administrasi persyaratan keberangkatan untuk menjadi TKI. Setidaknya para pencari kerja tidak di bingung dalam mengurus administrasinya,” kata Sunjaya.

Menurut Sunjaya, semua pelayanan administrasi yang ada di kantor LTSA-P2TKI sudah disiapkan pemerintah daerah. Sehingga para calon tenaga kerja hanya datang dan semua sudah terlayani.

“Mereka cukup datang ke sini, semua sudah bisa terlayani,” ujarnya.  [Asa/Net]

Advertisement
Advertisement