April 19, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Jangan Sepelekan Pantat dan Selangkangan Yang Hitam, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

4 min read

Sebuah survey yang dilakukan oleh Asian Health & Beauty Plan, menyebutkan, 8 dari 10 responden mereka memiliki pantar atau bokong serta selangkangan yang menghitam. Tak satupun dari mereka yyang mengetahui sejak kapan pantat serta selangkangan mereka menghitam, namun seluruh dari mereka menyadari, bahwa saatt mereka masih berusia anak-anak hingga remaja, kondisi pantat dan selangkangan mereka tidak menghitam.

Ternyata, ada banyak hal yang bisa menyebabkan pantat dan selangkangan menjadi gelap dan hitam. Dan, untuk mengatasinya juga memerlukan penanganan yang berbeda sesuai dengan penyebabnya.

Kulit bokong dan selangkangan yang gelap memang tidak selalu berbahaya, tapi tentunya masalah ini bisa menurunkan rasa percaya diri terutama pada wanita. Percaya diri pemiliknya juga pasti akan jatuh di depan pasangan. Nah untuk menyelamatkan dari masalah bokong dan selangkangan ini, berikut adalah penyebab dan cara mengatasi bokong yang gelap seperti yang dilansir dari jurnal of asian & beauty plan

 

Bokong Gelap Karena Gesekan

Gesekan yang terjadi dengan celana dalam bisa menjadi penyebab utama kulit pantat dan selangkangan menjadi semakin gelap. Gesekan ini akan menimbulkan iritasi pada kulit sehingga membuat warna kulit berubah. Apalagi, kombinasi celana dalam yang ketat dan celana yang sempit bisa menjadi best combo yang menyebabkan warna gelap pada bokong dan selangkangan.

Cara mengatasinya: Menurut Dr. Eddy Karta SpKK, masalah bokong dan selangkangan gelap yang terjadi karena gesekan dengan celana bisa diatasi dengan penggunaan celana dalam yang nyaman dan dengan size yang pas. Pilihlan celana dalam berbahan katun. Penggunaan bedak juga bisa membantu mengatasi iritasinya.

Bokong dan Selangkangan Gelap Karena Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk dan jorok juga bisa menyebabkan bokong dan selangkangan semakin menghitam. Misalnya, tidak rajin membersihkan bokong dan selangkangan serta tidak mengeringkan kembali dengan tisu atau handuk bersih. Kebiasaan ini akan membuat kulit bokong menjadi lembap dan menghitam. Tidak hanya itu, kebiasaan ini juga bisa menimbulkan jamur dan bisul.

Cara mengatasinya: Menurut Dr. I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK, bisa dengan menggunakan krim perawatan kulit yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan luka. Atau bisa juga dengan menggunakan  produk seperti scrub, lotion, atau masker yang terbuat dari bahan alami seperti madu atau lemon. Tentunya, pemakaian produk ini juga harus berdasarkan resep dokter supaya tidak terjadi kesalahan. Cara ini akan ampuh menghilangkan bintik-bintik pada bokong dan mencerahkannya.

Bokong dan Selangkangan Gelap Karena Alergi

Kalau anda merasa tidak melakukan kebiasaan yang menyebabkan bokong dan selangkangan gelap, bisa jadi warna gelap tersebut disebabkan oleh alergi. Pada kasus ini, biasanya bokong dan selangkangan akan terasa lebih gatal ketika menggunakan celana dalam dengan bahan tertentu. Selain rasa gatal, akan muncul juga bintik-bintik hitam yang membuat bokong dan selangkangan terlihat kasar “burik”.

Cara mengatasinya: Dr. Eddy di sini menyarankan untuk mengenali bahan-bahan yang membuat kulit anda iritasi dan berhenti menggunakannya. Jika alergi semakin parah dan timbul infeksi seperti bisul misalnya, anda bisa melakukan perawatan sit bath dengan cara merendam bokong di dalam air berisikan antiseptik.

 Cara Lain Mengatasi Masalah Bintik-Bintik Pada Bokong dan Selangkangan

Selain cara-cara yang disebutkan di atas, anda juga bisa melakukan perawatan dokter seperti peeling atau laser yang bisa mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit. Cara ini bisa menjadi cara tercepat untuk mengatasi masalah bokong gelap. Atau, kamu bisa melakukan perawatan-perawatan alami yang ampuh untuk mencerahkan kulit bokong.

Namun, disamping cara tersebut diatas, ada juga cecerapaa cara alami yang terbukti mampu mengatasi masalah bokong dan selangkangan yang gelap dan berbintik. Bahan alami yang mudah didapat ini dapat mencerahkan kulit bokong dan selangkangan secara maksimal dan pastinya aman!

  1. Perasan Jeruk Lemon

Mungkin anda sudah bosan melihat lemon selalu masuk ke dalam rekomendasi bahan alami untuk mencerahkan kulit. But we cannot do anything about this. Lemon memang termasuk ke dalam natural bleaching agent terbaik yang mampu mencerahkan tone kulit secara maksimal dengan kandungan vitamin C nya yang tinggi.

Cara mengaplikasikan perasan jeruk lemon untuk memutihkan bokong dan selangkangan adalah dengan merendam kapas ke dalam lemon juice dan gosokkan secara lembut pada area bokong yang gelap. Atau, anda juga bisa langsung menggosokkan jeruk lemon yang telah dipotong pada bokongmu selama 2-3 menit dengan gerakan memutar. Diamkan selama 10-15 menit hingga airnya mengering. Bilas menggunakan air hangat dan jangan lupa untuk mengoleskan moisturizer atau olive oil setelahnya. Cara ini akan sangat efektif jika dilakukan secara rutin minimal 3 kali dalam seminggu.

  1. Kunyit

Selain untuk memutihkan gigi, kandungan natural bleaching dan antioksidan yang tinggi pada kunyit ternyata sangat ampuh untuk mencerahkan area bokong yang gelap lho. Anda bisa memaksimalkan daya kerja kunyit dengan menambahkan bubuk kayu cendana dan madu pada ramuannya.

Cara membuat:

  • Campurkan 1 sdm bubuk kunyit, 1 sdm bubuk kayu cendana, dan 1 sdm madu di dalam mangkuk kecil.
  • Aduk rata campuran tersebut hingga teksturnya menjadi pasta.
  • Aplikasikan pada kulit bokong yang hitam dan diamkan selama 15-30 menit.
  • Bilas menggunakan air hangat dan oleskan moisturizer pada area bokong.

Penggunaan yang rutin setiap hari bisa menunjukkan hasil yang drastis hanya dengan hitungan hari.

  1. Cocoa Butter

Butter yang berasal dari biji cokelat ini ternyata sangat baik untuk mencarahkan kulit lho. Kandungan antioksidan yang tinggi pada cocoa butter ini dapat melindungi kulit dari zat radikal bebas, racun, dan debu kotoran yang merupakan penyebab utama kerusakan sel kulit dan membuat kulit bokong dan selangkangan menjadi gelap.

Cara menggunakannya, cukup memijat-mijat bokong dan selangkangan dengan cocoa butter sebelum mandi dan diamkan selama 15-30 menit. Kemudian bilas menggunakan air hangat dan jangan lupa aplikasikan moisturizer.

  1. Oatmeal, Yogurt dan Lemon

Sel kulit mati yang menumpuk pada bokong dan selangkangan  bisa menjadi salah satu penyebab utama bokong hitam. Karena itu, mengeksfoliasi kulit bokong dan selangkangan seminggu sekali sangat penting untuk menjaganya agar tetap bersih dan membuatnya lebih cerah. Anda bisa menggunakan kombinasi ketiga bahan ampuh ini yang memang sudah dikenal dengan kemampuannya mencerahkan kulit.

Cara membuatnya:

  • Masukkan 1 sdm oatmeal, 1 sdm yogurt, dan 1 sdt air perasan jeruk lemon ke dalam mangkuk kecil.
  • Campurkan dan aduk hingga merata sampai campurannya bertekstur seperti pasta.
  • Pijat-pijatkan campuran tersebut pada area bokong yang gelap selama 2-3 menit dan diamkan selama 15-30 menit.
  • Jika campuran pasta telah mengering, bilas menggunakan air hangat.

Lakukan perawatan ini dua kali seminggu dan lihat perubahan optimal hanya dalam satu bulan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat. [Dihimpun dari berbagai sumber]

Advertisement
Advertisement