April 19, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Ditinggal Pulang Wasini, Pasangan Majikan Ini Kebingungan Mencari Ganti

2 min read

HONG KONG – Kedekatan hubungan antara pekerja rumah tangga dengan majikan hingga membuat ketergantungan emosional, tak jarang membuat hubungan kerja diantara mereka menjadi panjang. Bahkan, seringkali secara personal, meskipun hubungan kerja sudah tidak ada lagi, majikan masih sering menghubungi mantan pekerjanya meski mereka sudah pulang ke Indonesia. Beberapa waktu yang lalu, pernah juga kejadian, seorang majikan nekat mendatangi rumah Umi, seorang PMI asal Lumajang Jawa Timur, untuk membujuknya agar bersedia kembali bekerja di Hong Kong.

Sebuah tayangan liputan televisi milik pemerintah Hong Kong (TVB) yang berdurasi 22 menit baru-baru ini menampilkan tayangan bagaimana sulitnya sebuah rumah tangga Hong Kong ditinggal pulang PRTnya.

Sebelumnya, rumah tangga pasangan Jo dan Viviaan ini pernah memperkerjakan seorang PMI bernama Wasini. Namun, sejak Oktober kemarin, Wasini mengakhiri kontrak kerjanya dan pulang ke Indonesia untuk seterusnya.

Dituturkan oleh Jo, Wasini telah bekerja di rumah tangganya sejak 14 tahun yang lalu. Sejak anak-anak pasangan yang berprofesi sebagai guru sekolah menengah ini masih balita, hingga saat ini mereka telah beranjak remaja dan semestinya mulai bisa mandiri.

http://apakabaronline.com/majikan-nekat-nyusul-ke-lumajang-bujuk-umi-cholsum/

Jo dan Vivian melakukan pencarian sejak Wasini pulang, namun hingga kini belum didapatkan calon PRT yang dalam benak mereka haruus seperti Wasini. Berbagai upaya mereka lakukan, dari mulai menjaring calon di agen-agen, hingga menyebar selebaran di pintu keluar sebuah gereja dimana di gereja tersebut mayoritas jemaatnya adalah warga negara Indonesia dan Filipina.

Ketiadaan pembantu, bagi pasangan ini membuat mereka harus mengeluarkan biaya sebesar HKD 14 ribu untuk mengupah pengurusan anaknya yang masih berusia 5 tahun dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam selama 5 hari kerja dalam seminggu. [Asa/Net]

Advertisement
Advertisement