April 19, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

MIRIS … !!! Muntah Darah, Calon PMI Asal Sumbawa Sakit Keras Di Penampungan PT CKS Malang

2 min read

MALANG – “Tambahan ternyata mbak’nya ini suda 1 thn di pt ini komen dari temanya pas masuk pt dulu,katanya dulu tubuhnya gk kurus gt mana ada proses nyampek satu tahun.” kutipan dari postingan akun facebook ayuk santika ayuk  yang menanggapi postingan Video akun Facebook Papadiva Frountal Tulent yang viral lantaran mempublikasikan kondisi seorang calon PMI di penampungan PT Citra Karya Sejati, Bumiayu Kedungkandang Malang beberapa waktu yang lalu.

Papadiva Frountal Tulent dalam postingan videonya menyebut, calon PMI yang dalam video tergambar dalam kondisi lemah tak berdaya mengalami sakit ketrah dan muntah darah. Tidak disebutkan dengan jelas apa penyakit yang dideritanya, namun tampak suasana sedang membaca ayat Al-Qur’an terdengar untuk mendoakan si sakit .

Diketahui, calon PMI yang sedang sakit tersebut bernama Nurhayati, berasal dari Sumbawa Nusa Tenggara Barat.

Berikut kutipan kalimat pengantar postingan video yang diunggah oleh akun Papadiva Frountal Tulent :

“TKW asal Sumbawa atas nama Nurhayati ditampung di PT. Citra karya sejati, jl. Rajasa no. 189 bumiayu kedungkandang malang jawa timur,

Kondisinya sedang sakit keras, Muntah darah.

Info lain, sejumlah TKW yang ditampung di PT ini dalam kondisi buruk, mereka yang pulang dari luar negri tidak dibolehkan pulang keeumah sebelum membayar uang ganti rugi berdansarkan surat pernyataan yang dibuat dengan paksa secara sepihak.

Begitu juga para TKW yang gagal berangkat tetap diminta bayar ganti rugi jika mau pulang kekampung masing-masing.

Persoalan ini sudah saya bawa ke BP3 TKI, sejauh ini belum ada informasi langkah kongkrit sebab sejumlah TKW yang menjadi sumber yang memberikan informasi masih mengalami perlakuan yang tidak baik ditempat penampungan.

Satu lagi, para TKW setiap hari dihitung membayar Rp.150 000,- / hari selama tinggal dipenampungan.

Mirisnya mereka makin menanggung beban kian menumpuk ditambah kewajiban ganti rugi kepada PT.”

 

 

 

Hal ini menarik perhatian salah seorang pemilik akun facebook ayuk santika ayuk yang mengaku teman satu PT dengan Nurhayati, perempuan yang videonya viral dalam kondisi sakit tersebut. ayuk santika ayuk mengaku, Nurhayati sudah 1 tahun berada di penampungan tersebut, namun sampai saat cideonya diviralkan, calon PMI asal SUmbawa ini belum juga berangkat.

“Tambahan ternyata mbak’nya ini suda 1 thn di pt ini komen dari temanya pas masuk pt dulu,katanya dulu tubuhnya gk kurus gt mana ada proses nyampek satu tahun. Kata narasumber pak ts dia siap bertanggung jawab dengan adanya postingan vidio ini dan dia juga punya bukti rekaman telepon mereka nangis” tulis ayuk santika ayuk dalam postingannya.

Saat berita ini diturunkan, postingan video tersebut telah dibagikan lebih dari 7 ribu kali. [Asa]

Advertisement
Advertisement