Prime banner

Terjadinya perubahan hormon selama kehamilan dapat membuat wanita cukup rentan terhadap komplikasi termasuk yang disebabkan oleh penyakit diabetes gestasional. Walaupun kadar glukosa darah akan kembali normal setelah melahirkan namun diabetes gestasional akan meningkatkan risiko terjadinya penyakit lainnya.

Tidak hanya pada ibu, tetapi beberapa risiko juga rentan menyerang bayi yang dilahirkan. Kondisi ini menunjukkan bahwa komplikasi karena adanya komplikasi tidak boleh dibiarkan saja. Berikut  berbagai bahaya komplikasi diabetes yang akan mengintai ibu hamil dan sang bayi.

Memengaruhi perkembangan janin

Jika diabetes gestasional tidak diobati maka dapat menyebabkan makrosomia janin. Yaitu kondisi di mana bayi memiliki berat badan lebih dari 4kg atau lebih besar.

Obesitas dan diabetes

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Opinion Obstet, bayi yang lahir dari ibu dengan diabetes gestasional memiliki kemungkinan tinggi mengalami obesitas dan diabetes.

Perut buncit

Wanita cenderung akan mengalami penumpukan lemak di sekitar perut setelah melahirkan. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita yang jarang berolahraga. Walaupun wanita luput dari serangan diabetes gestasional namun mereka tetap berrisiko tinggi memiliki perut buncit karena penumpukan lemak.

Diabetes tipe 2

Wanita yang sudah menderita diabetes gestasional memiliki kemungkinan tinggi untuk menderita diabetes tipe 2. Selain itu terdapat sekitar 50 persen wanita yang menderita diabetes gestasional mengembangkan penyakit diabetes tipe 2 sekitar 20 tahun setelahnya.

Penyakit kardiovaskular

Diabetes gestasional juga dapat memengaruhi tingkat lipid serum dan dapat menyebabkan terjadinya hipertensi. Sebab itu, diabetes juga dapat meningkatkan risiko terjadinya beberapa penyakit terkait dengan kardiovaskular.

Penting untuk diketahui bahwa wanita yang mengalami diabetes gestasional pada kehamilan pertama berisiko tinggi mengalami hal yang sama pada kehamilan berikutnya. Tapi, berdasarkan penelitian yang diterbitkan di dalam the journal Diabetes care, risiko diabetes gestasional dapat dikurangi dengan cara mengurangi terjadinya makrosomia neonatal dan maternal obesitas sebelum datangnya masa kehamilan.

Sumber merdeka.com

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner