Prime banner

HONG KONG – Otoritas Hong Kong melalui Departemen Kesehatan mengeluarkan siaran pers lewat laman resminya, perihal temuan kandungan berbahaya pada 2 merk salep yang banyak digunakan warga Hong Kong. Kedua merk salep tersebut adalah “Ringworm Cream” dan “Silver Net Ringworm”.

Menurut hasil uji labolatorium yang dilakukan oleh otoritas Hong Kong, kedua merk salep tersebut mengandung b ahan berbahaya “clobetasol propionate” dan “miconazole”. Kedua bahan tersebut telah dilarang penggunaannya sesuai dengan isi ordonasi farmasi.

Kedua merk salep yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan infeksi, iritasi hingga jamur kulit tersebut diketahui sudah banyak sekali digunakan oleh masyarakat. Namun, selama ini masyarakat tidak mengetahui jika kedua merk salep tersebut mengandung bahan kimia berbahaya.

Komplikasi steroid atau overdosis steroid yang ditimbulkan dari penggunaan kedua merk salep tersebut dapat menyebabkan masalah kulit dan efek samping sistemik seperti wajah membengkak, tekanan darah tinggi, hiperglikemia, distrofi otot, insufisiensi adrenal, dan pengeroposan tulang.

Produk yang mengandung “clobetasol propionate” hanya boleh digunakan di bawah arahan dokter dan dijual di apotek di bawah pengawasan apoteker terdaftar dengan resep dokter. [Asa]

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner