Dampak “Hong Kong Dawn Action 13”, 37 Stasiun MTR Tutup, Kerusuhan Multi Kawasan Semakin Meluas

Prime Banner

HONG KONG – Sejak pagi sampai dengan tengah hari ini (13/11/2019), aksi unjuk rasa yang sudah mengarah pada anarkis semakin meluas dan membawa dampak semakin parah.

Akses transportasi umum MTR sampai saat berita ini diturunkan menyatakan telah menutup 37  stasiun MTR yang seluruhnya di kawasan New Terotorries dan Kowloon.

Stasiun ditutup akibat kondisi keamanan terkait dengan bentrokan anarkis antara pengunjuk rasa dengan aparat meluas dan kian frontal.

Selain fasilitas MTR, transportasi KMB dan Long Win sulit ditemukan di jalanan yang hampir sebagian besar telah ditutup dan diduduki pengunjuk rasa.

Kawasan Central, utamanya di Pedder Street dan Des Voeux Road Central kembali menjadi kawasan yang dipenuhi pengunjuk rasa dalam jumlah sangat banyak. Tak hanya jumlah yang banyak, aksi mereka juga meningkat di lokasi tersebut.

Seluruh Universitas dan sekolah hari ini dinyatakan tutup dan tidak menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar.

Disamping itu, hampir seluruh pelajar mahasiswa Hong Kong secara psikologis dalam suasana tidak kondusif untuk belajar lantaran perkembangan situasi di Hong Kong telah membuat mereka kehilangan teman dalam serangkaian aksi unjuk rasa. Ada yang meni nggal du nia dan banyak pula yang terluka.

Sekitar pukul 12:40 siang waktu Hong Kong, Cross Harbour Tunel di Hung Hom ditutup pengunjuk rasa dengan memasang berbagai benda di kedua mulut tunel kemudian membakar tumpukan benda tersebut.

SCMP menyebut, setidaknya ada empat orang terluka dalam insiden di Cross Harbour Tunel Hung Hom beberapa waktu lalu.

Di Yuen Long, bentrokan antara pengunjuk rasa dengan aparat keamanan kian memanas. Bendera hitam sebagai peringatan keras berkali – kali diangkat petugas. Namun diduga sisa bentrokan hebat di Castle Peak Road semalam masih belum terselesaikan dan tumpukan material di tengah jalan tetap memblokir lalulintas dari dua arah di jalan vital tersebut.

Membaca situasi yang carut marut, kepada seluruh PMI/WNI di Hong Kong dihimbau untuk tetap berada di tempat yang aman. Jangan keluar ruangan jika benar-benar tidak terpaksa karena kepentingan mendesak. Hindari dan jauhi kerumunan serta bentrokan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tetap tutup rapat jendela, agar terhindar dari paparan gas air mata. []

You may also like...