Darah Menstruasi Berwarna Cokal, Wajar Gak ?

Prime Banner

ApakabarOnline.com – Saat menjelang atau akhir-akhir menstruasi, sangat wajar jika muncul darah coklat di pakaian dalam.

Namun, bagaimana jika darah coklat tersebut muncul karena tidak ada hubungannya dengan menstruasi?

Dokter Pamela D. Berens, MD, seorang profesor kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi di McGovern Medical School di University of Texas Health Science Center, menjelaskan bahwa darah coklat yang muncul di luar siklus menstruasi bisa terjadi karena berbagai macam sebab.

Setelah berhubungan seks, misalnya. Darah coklat yang muncul bisa menjadi tanda adanya ragi, bakteri, atau infeksi menular seksual yang mungkin diderita.

Selain itu, masalah yang berkaitan dengan kehamilan awal, seperti keguguran atau kehamilan ektopik, juga bisa menjadi penyebabnya.

Profesor kebidanan itu juga mengatakan, darah coklat juga bisa menjadi tanda kondisi polycystic ovarian syndrome (PCOS) atau sindrom ovarium polikistik. Ini merupakan gangguan hormonal saat ovarium tidak secara teratur melepaskan sel telur sehingga menyebabkan wanita melompati siklus menstruasi untuk waktu yang lama.

Lapisan uterus yang tumbuh semakin tebal dan tidak stabil, dapat menyebabkan darah cokelat yang tidak teratur di antara siklus menstruasi.

Anda tetap harus diperhatikan jika muncul di waktu yang tidak biasa, tetapi dr. Pamela bilang sebenarnya darah coklat tidak terlalu mengkhawatirkan.

Selain wajar muncul di awal dan akhir siklus menstruasi, mengonsumsi banyak zat besi—baik dari suplemen, daging merah atau sayuran berdaun—juga bisa membuat darah berubah menjadi kecoklatan. []

You may also like...