Prime banner

JAKARTA – Organisasi pengacara di Singapura serta Hong Kong, Justice Without Borders (JWB), Mengungkapkan penderitaan pekerja migran Indonesia  yang dieksploitasi serta disiksa majikan di luar negeri. Para PMI yang jadi korban tersebut rata-rata mudik ke Tanah Air tanpa membawa apa-apa. Untuk menolong PMI yang mengalami kasus seperti itu, JWB diajak kerja sama dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia. Kerja sama kedua pihak sudah diteken pekan lalu.

Direktur Eksekutif JWB, Douglas MacLean pada Selasa (19/12/2017), mengaku senang bisa menjalin kerja sama dengan Kemlu Indonesia. Kerja sama ini dapat memperluas jenis bantuan yang bisa diberikan JWB terhadap para PMI di Singapura serta Hong Kong.

“Para pekerja yang dieksploitasi dan disiksa di luar negeri sering kali sulit mendapatkan akses atas kompensasi dari penyiksa mereka saat mereka kembali ke Indonesia. Sebagian besar, mereka kembali tanpa membawa apa-apa,” kata Douglas.

Terkait kerja sama dengan Kemlu RI, JWB akan membantu misi Kemlu RI dalam melindungi PMI yang berada di luar negeri.

“Kami siap untuk bekerjasama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk mengindentifikasi kasus dan kompensasi yang dapat diterima (TKI), dan menghubungkan klien kami dengan bantuan hukum yang dibutuhkan. Kita bisa memastikan bahwa lebih banyak korban yang akan mendapat dukungan,” ujar Douglas.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PNWI-BHI) Kemlu RI, Lalu Muhammad Iqbal, menyampaikan kalau JWB akan menyediakan pengacara untuk membantu pekerja Indonesia di kedua negara tersebut apabila memiliki permasalahan atau sengketa dengan majikan.

Menurut Iqbal, JWB akan membantu menyelesaikan masalah perdata antara TKI dan majikannya, meskipun PMI tersebut sudah kembali ke Tanah Air. Sebelumnya, PMI hanya bisa mengajukan tuntutan jika mereka masih berada di negara bersangkutan.

Dalam laman resminya, JWB menerakan alamat yang bisa dihubungi PMI Hong Kong di Garage Collective, Shop 4-7 158A Connaught Road W Sai Ying Pun Hong Kong, dan untuk PMI yang di Singapura bisa datang ke alamat 16 Kallang Place #07-01/02/03 Singapore. [Asa/Net]

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner