Prime banner

Saat kita menjadi penumpang pesawat, barang bawaan kita biasanya terbagi menjadi dua. Satu bagian ditenteng masuk ke kabin, dan bagian lainnya dimasukkan kedalam bagasi pesawat. Kasus overload bagasi, seringkali terjadi. Overload ini bisa diminimalisir dengan cara memilih dan menata koper yang tepat.

Koper merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan saat Anda ingin melakukan bepergian. Tentunya tidak sulit untuk membeli tas koper yang diinginkan karena sangat banyak dijual di pasaran. Anda bisa membelinya di toko peralatan tas atau membelinya secara online di berbagai website e-commerce yang menjual koper. Namun, Anda tidak bisa sembarangan membeli, dan harus lebih teliti sebelum membeli tas koper untuk travelling.

8 Tips Memilih Koper dan Memilih Tas agar Dapat Menghemat Biaya

Koper yang baik tak hanya berfungsi sebagai tempat untuk menampung berbagai barang yang kita bawa selama berwisata, namun juga dapat berfungsi sebagai pelindung barang-barang tersebut. Lantas apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih dan membeli koper untuk travelling? Berikut ini kriteria dan pertimbangan yang bisa digunakan sebagai panduan untuk menyeleksi koper yang akan dibeli.

1 Bahan Koper

Memilih koper yang pertama kali perlu Anda lihat adalah bahan koper yang dimiliki. Bahan koper biasanya terdiri dari dua tipe, hard case dan soft case. Kalau tipe hard case terbuat dari polycarbonate (plastik keras yang biasa digunakan untuk kaca anti peluru) yang cukup kuat namun ringan.

Koper hard case memiliki kelebihan untuk memberikan perlindungan optimal terhadap barang bawaan Anda, namun ada beberapa bahan hardcase yang rentan dengan retak saat melalui proses pengangkutan di bandara.

Koper dengan tipe soft case, biasanya terbuat dari nylon dan polyester. Biasanya yang berbahan polyester lebih berat jika dibandingkan dengan berbahan nylon. Koper tipe soft case merupakan koper yang paling mudah disesuaikan daya tampungnya. Koper dengan bahan soft case lebih mudah diletakkan di kabin, lebih ringan dan lebih fleksibel untuk dibawa, namun kurang tahan terhadap tekanan.

Apapun pilihan Anda, pilihlah yang memiliki material yang baik karena koper yang berkualitas merupakan sebuah investasi jangka panjang. Dan sebaiknya Anda perlu melihat apakah koper yang akan Anda beli itu bahannya waterproof atau tidak.

2 Ukuran

Ukuran juga merupakan hal penting dalam mempertimbangkan koper sebelum membelinya. Pilihlah koper sesuai dengan lamanya perjalanan yang akan Anda lakukan. Ukuran dalam cm (panjang x lebar x tinggi) mulai dari roda koper sampai dengan tinggi ke atas:

 

16”: 30x17x47 cm – ukuran kabin. Dapat digunakan untuk bepergian 1-3 hari ke depan.

20”: 37x22x56 cm – ukuran kabin. Untuk koper dengan ukuran ini biasanya bisa membawa barang sampai dengan muatan 16 kg.

22”: 38x22x48 cm – ukuran koper ini memang agak tanggung. Jadi tergantung masing-masing maskapai. Kadang ada yang memperbolehkan untuk dibawa di kabin. Namun, biasanya untuk penerbangan dalam kota rata-rata boleh dibawa di kabin.

24”: 43x23x63 cm – Termasuk koper ukuran medium. Untuk ukuran ini mampu membawa sampai kurang lebih 26 kg.

28”: 47x32x73 cm – termasuk koper ukuran besar. Untuk ukuran ini bisa membawa sampai kurang lebih 35 kg.

32”: 51x35x81 cm – termasuk ukuran besar dan biasanya jarang sekali dijual.

 3 Roda

Untuk memudahkan pergerakan saat membawa koper, pilihlah koper yang memiliki roda yang dapat berputar dengan fleksible. Ada dua jenis roda yang umumnya tersedia di pasaran, yakni spinner (beroda empat) dan upright (beroda dua).

Koper jenis Spinner dapat memberikan kemudahan untuk bergerak tanpa terpengaruh oleh berat beban dari koper tersebut. Selain itu, jenis ini juga memungkinkan Anda untuk meletakkan tas tangan atau tas laptop tambahan di atasnya.

Koper jenis Upright idealnya digunakan apabila barang bawaan Anda tidak terlalu berat. Koper jenis ini juga lebih mudah ditarik bila berjalan di atas permukaan yang tidak rata dibandingkan dengan koper jenis spinner.

4 Pengamanan Koper

Pilihlah koper dengan kunci pengaman TSA (Travel Sentry Approved). Travel Sentry adalah organisasi yang membangun dan mengelola standar yang digunakan dalam keamanan perjalanan. Konsep kunci TSA digunakan oleh Transportation Security Administration, bagian dari Department of Homeland Security Amerika Serikat. Amerika bukan satu-satunya negara yang memerlukan kunci TSA ini. Sistem ini juga digunakan di negara lain seperti di Kanada, bandara Narita dan Haneda di Jepang, Bandara di Belanda, dan lain-lain.

Kalau Anda membawa barang-barang yang dianggap mencurigakan, gembok TSA ini dapat dibuka oleh bagian bea cukai yang bertugas dengan menggunakan kunci universal pada proses pemeriksaan tanpa merusak kunci maupun kopernya.

Gembok yang memenuhi standar TSA mulai dijual pada tahun 2003, tapi untuk koper yang terdapat pengaman TSA baru mulai diperkenalkan pada tahun 2004. Kunci TSA ini diyakini membuat isi koper Anda lebih aman dari pembobolan oknum tak bertanggung jawab.

5 Kualitas

Anda perlu memperhatikan kualitas dari koper yang akan Anda beli. Kualitas dapat dilihat dari resleting untuk koper, warna tas, pegangan, dan roda. Perhatikan untuk resleting koper, apakah ada yang tidak pas saat membuka atau menutup. Pastikan koper pilihan Anda memiliki resleting yang cukup kuat, dan terbuat dari bahan tahan lama dan waterproof. Perhatikan juga warna tas koper, apakah terlihat pudar atau masih bagus. Lihat lebih teliti apakah tas koper ada goresan atau jahitan yang terlepas di tas koper yang ingin dibeli.

Sudah jadi rahasia umum jika bagian pegangan koper merupakan salah satu bagian yang paling cepat rusak. Jadi, pastikan koper yang akan dibeli memiliki pegangan yang kokoh sebelum memutuskan untuk membelinya. Koper dengan pegangan ganda biasanya lebih awet dibanding koper dengan pegangan tunggal.

6 Harga

Sebelum membeli koper sebaiknya Anda melakukan perbandingan dahulu di beberapa toko atau e-commerce, siapa tahu Anda dapat menghemat biaya dengan kualitas yang tidak jauh berbeda di antara banyak pilihan yang ada. Bermerek atau produk lokal, pilihlah harga yang sesuai dengan anggaran yang disediakan. Jangan sampai pemilihan koper mahal mengurangi uang saku Anda selama travelling.

7 Kapasitas

Pilihlah kapasitas koper yang sesuai dengan jumlah barang bawaan Anda. Biasanya beberapa koper memiliki Expendability dimana koper tersebut memiliki kantong rahasia untuk menambah ukuran koper.

8 Daya Tahan

Ketika memilih koper Anda harus melihat daya tahan dari koper tersebut. Daya tahan dapat Anda pastikan melalui garansi dari tas tersebut. Ketika garansi yang diberikan lama maka akan kemungkinan koper memiliki daya tahan yang lama juga.

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner