October 22, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Karena Monyet “Tidak Pernah Sakit”

2 min read
Prime Banner

ApakabarOnline.com –  Chen Haigang, pria 50 tahun asal China ramai jadi perbincangan karena memiliki rahasia tidak biasa untuk menjaga kebugarannya. Chen pun mengaku menjalani olahraga khusus, yaitu bertingkah layaknya seekor monyet.

Meski sekilas terdengar aneh, tetapi Chen mengklaim bahwa rutinitas ‘olahraga monyet’ justru telah membuatnya terhindar dari penyakit. Chen bahkan menuturkan bahwa ia tidak pernah sekali pun pergi ke rumah sakit setelah menjalani latihan unik ini.

Dilansir dari Daily Mail, setidaknya selama 30 tahun, Chen rajin melakukan olahraga monyet. Saban hari, Chen pun gemar bertingkah seperti monyet, termasuk merangkak dengan tangan dan kaki, menggantung lengan, hingga memanjat pohon.

Sontak, setiap kali menjalani rutinitas olahraga di ruang publik, Chen langsung dilirik oleh warga yang lewat. Namun, Chen tidak sedikit pun merasa malu lantaran olahraganya ini justru sukses meregangkan otot hingga menyegarkan tubuhnya.

Dalam video, Chen memang terlihat lebih muda untuk usia pria seumurannya. Saat berjalan dengan kedua tangannya, Chen juga tampak sangat bugar dengan otot-otot tangan yang menonjol keluar.

Tidak hanya itu, Chen juga terlihat begitu mahir dan gesit ketika memanjat hingga melompati cabang-cabang pohon berukuran tinggi.

“Ini datang dari hati saya. Saya melihat pohon dan saya hanya ingin memanjatnya,” ujar Chen saat mendemonstrasikan gerakan memanjat ala monyet.

Sementara itu, ide Chen untuk bertingkah seperti monyet diketahui bermula ketika ia berkunjung di sebuah kebun binatang 30 tahun yang lalu.

Saat itu, Chen begitu tertarik mengamati tingkah laku monyet yang terlihat sangat gembira saat bermain. Sejak saat itulah, Chen yang masih berusia 20 tahunan, akhirnya memutuskan untuk mulai bertahap menjajal berbagai gerakan hewan primata tersebut.

“Saya sering melihat monyet-monyet di kebun binatang. Saya pikir itu terlihat sangat menyenangkan dan saya mulai meniru. Saya mulai melakukan latihan jalan kaki (seperti monyet) ketika saya berusia sekitar dua puluh tahun,” kenang Chen yang saat ini diketahui tinggal di Provinsi Shaanxi.

Tiga dekade berselang, Chen kini mengaku berhasil menguasai berbagai gerakan monyet. Seiring dengan kemahirannya ini, Chen pun mengklaim selama 30 tahun, ia tidak pernah sakit sama sekali.

“(Dulu) Ketika saya menjadi petani di pedesaan, saya memiliki sedikit masalah (kesehatan) seperti pilek, sakit gigi atau tinitus.  Sejak saya pindah ke kota untuk bekerja, saya menghabiskan waktu luang saya melakukan latihan jalan kaki (monyet). Saya bisa mengatakan (bahwa) saya tidak pernah ke dokter,” tambahnya.

Setelah menjadi tersohor karena olahraga uniknya ini, Chen lantas mengaku bahwa sebenarnya ada sejumlah orang yang ingin berguru padanya. Namun, Chen berujar bahwa kebanyakan dari mereka masih malu untuk melakukan latihan monyet di depan umum.

Padahal, Chen sudah menegaskan bahwa olahraga monyet sangat menakjubkan dan benar-benar bermanfaat bagi kesehatan.

“Ini olahraga yang hebat, tetapi (mereka) merasa terlalu malu,” kata Chen.

Terlepas dari kisah unik Chen, meniru gerakan hewan memang telah menjadi latihan yang kerap dipuji oleh para ahli kebugaran. Pasalnya, tidak hanya dinilai efektif, cara ini juga dinilai menyenangkan.

Ahli juga sudah menjelaskan bahwa olahraga semacam itu sangat bermanfaat untuk mencegah rasa sakit dan penyakit kronis yang dipicu oleh gaya hidup tidak sehat.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik meniru olahraga monyet ala Chen?[]

Advertisement