Prime banner

MADIUN – Maksud hari bernostalgia dengan masa kecil, masa indah berburu berbagai makanan yang hidup liar di hutan jati kawasan Gemarang, Murtini lakukan kesalahan fatal yang nyaris membuat nyawanya tidak tertolong.

Terungkapnya peristiwa ini, saat secara tiba-tiba, Sumartono, suami Murtini menghubungi ApakabarOnline.com melalui sambungan telpon, menanyakan cara mengundur jadwal keberangkatan pesawat untuk istrinya yang akan terbang ke Hong Kong pada Senin (29/01) esok.

“Masih bisa gak mas ? Sebab kata dokter, istri saya baru pulih kesehatannya paling cepat hari Rabu, sedangkan tiket pesawatnya, dia terbang ke Hong Kong hari Senin besok ini ?” tanya Sumartono.

Tak disangka, saat ApakabarOnline.com bertanya apa sebabnya, Sumartono menuturkan kronologi, bagaimana istrinya keracunan jamur jenis jamur barat yang tumbuh di hutan jati kawasan kampungnya di Gemarang Madiun. Bahkan, Sumartono menceritakan bagaimana paniknya saat mendapati istrinya kejang-kejang dan mulutnya berbusa, terbaring lemas di dekat ruang makan rumah tempat tinggalnya.

Oleh-Oleh Ibunya Dari Hong Kong Membuat Faiz Kejang-Kejang

“Waktu itu saya baru masuk rumah, setelah sebelumnya di WA sama istri saya ngasih tahu kalau masakannya sudah mateng, termasuk tumis jamur yang kata istri saya dia cari ke hutan pagi hari selepas saya berangkat kerja” papar Sumartono.

“Awalnya saya kira tidur karena ngantuk nunggu saya pulang, pas saya dekati lha kok aga gerakan kejang dan tambah dekat lagi, mulut istri saya berbusa dan ada bekas muntahan disekitar dia tergeletak di lantai” lanjutnya.

Menyadari keadaan gawat darurat, Sumartono bergegas meminta tolong tetangga yang punya mobil untuk membantu mengantar istrinya mencari pengobatan. Beruntung, tetangga sebelah rumah Sumartono mobilnya pas sedang berada di rumah. Berburu dengan waktu, sampai puskesmas, petugas menyarankan Murtini harus dinfus lantaran kondisinya keracunan akut hingga tidak sadar.

Saat ApakabarOnline bermaksud membesuk Murtini, Siang (28/01) tadi, ternyata Murtini sudah berada di rumahnya kembali meskipun kondisinya masih lemah.

“Saya belum kuat berjalan sendiri mas, pusing, rasanya berputar putar. Tapi sudah mendingan dibanding hari Kamis (25/01) kemarin. Kata Dokter, efek racun jamurnya perlahan-lahan hilangnya” tutur Murtini.

Menelisik jenis jamur yang membuat Murtini sampai keracunan, ApakabarOnline.com melihat, jenis jamur yang dikonsumsi Murtini adalah jenis jamur barat yang warnanya agak coklat kepirang-pirangan. Bentuknya sama persis dengan jamur barat yang aman untuk dikonsumsi, hanya warnanya saja yang sedikit berbeda.

“Sebenarnya saya njanjeni untuk mencarikan mas, tapi dia (Murtini) selak kebelet pingin mangan. Dan ternyata, mungkkin karena saking lamanya tidak pernah mencari jamur ke hutan, dia lupa membedakan yang beracun dan tidak. Kelamaan di Hong Kong, begitu jadinya” pungkas Sumartono. [Asa]

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner