Prime banner

Gunungkidul sebagai daerah yang sering diasumsikan sebagai wilayah kering dan tandus ternyata juga menyimpan keindahan serupa dengan keindahan eksotisme Grand Canyon di daerah utara Arizona. Grand Canyon merupakan bentukan alam berupa jurang dan tebing terjal yang dihiasi oleh aliran Sungai Colorado. Sedangkan di Gunung Kidul, hijaunya aliran sungai yang membelah ngarai dengan air terjun indah yang tak pernah berhenti mengalir di setiap musim. Air terjun tersebut dikenal dengan nama Air Terjun Sri Gethuk.

Air Terjun Sri Gethuk terletak di Padukuhan Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk menuju ke kawasan ini ikuti jalan arah Jogja-Wonosari. Sampai di daerah Pathuk, sebelum Wonosari, lanjutkan perjalanan ke Playen. Kemudian lanjutkan lagi perjalanan ke Desa Bleberan di mana air terjun ini berlokasi.

Sesampai di lokasi desa Bleberan, setelah membayar tiket masuk sebesar Rp. 3.000, untuk mencapai air terjun saat Apakabaronline.com mengunjungi lokasi ini pada beberapa waktu silam, bisa dengan menempuh dua cara. Cara pertama adalah dengan berjalan kaki melewati sawah-sawah yang licin dan (katanya) membahayakan. Atau cara kedua (sangat dianjurkan) adalah dengan menumpang gethek selama kurang lebih 10 menit dengan tarif Rp. 7.500 per orang.

Begitu gethek mendekati lokasi air terjun, mata kita akan menyaksikan keelokan air terjun bercabang tiga membelah bebatuan karst. Air terjun yang dikelola Desa Bleberan dan dibuka untuk wisatawan mulai Juni 2009 itu memiliki tinggi 35 meter. Suply airnya berasal dari sungai sungai yakni Dong Poh, Ngandong dan Ngumbul.

Perjalanan naik gethek melewati sungai, anda akan bertemu dengan gua.jpg
Perjalanan naik gethek melewati sungai, anda akan bertemu dengan gua dan eksotisme bebatuan dinding tebing

Begitu memasuki kawasan ini, pengunjung bisa mandi sepuasnya dalam guyuran air terjun, atau sekadar berfoto-foto dalam suasana alam yang eksotik. Tak jauh dari air terjun, pengunjung bisa mengunjungi Gua Rancang Kencono. Bila ingin kembali ke dermaga, perahu siap mengantarkan.

Banyak orang yang salah sangka dengan nama air terjun yang satu ini. Kebanyakan orang mempersepsikan nama air terjun Srigethuk dengan nama makanan yang terbuat dari singkong. Air Terjun Sri Gethuk mempunyai nama lain Air Terjun Slempret/Slompret. Konon, lokasi ini merupakan tempat penyimpanan “kethuk”, nama salah satu instrumen gamelan milik Jin Anggo Meduro. Cara memainkan alat musiknya yaitu dengan di-gethuk atau digetok/dipukul. Inilah yang melatarbelakangi penamaan air terjun Sri gethuk. [AA Syifa’i SA]

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner