Prime banner

Kehamilan merupakan masa yang paling dinanti oleh wanita. Namun semua wanita beruntung bisa memiliki anak dengan mudah. Beberapa wanita mengalami kesulitan untuk hamil.

Ternyata masalah tersebut dipicu oleh beberapa faktor terkait kesehatan wanita tersebut. Berikut berbagai hal yang dapat menyebabkan reproduksi wanita tidak subur.

Periode menstruasi abnormal

Periode menstruasi yang tidak normal merpakan salah satu tanda yang menunjukkan pada gejala reproduksi tidak subur. Sebuah siklus menstruasi yang terlalu lama atau 35 hari lebih atau terlalu pendek yaitu 21 hari atau kurang merupakan gejala yang menunjukkan ada yang tidak beres dengan ovulasi. Pada beberapa kasus, pola makan sehat, rutin berolahraga, juga obat-obatan dapat membantu menormalkan periode menstruasi yang tidak teratur dan membantu kehamilan.

Kondisi medis

Beberapa kondisi medis seperti endometriosis, serta penyumbatan tuba dapat mengurangi kemungkinan wanita mengalami pembuahan. Seseorang yang menderita endometriosis mengalami dinding endometrium yang tumbuh di luar rahim sehingga dapat menyebabkan nyeri saat haid.

Sel-sel tumbuh, kemudian menebal dan memecah selama masa menstruasi. Karena jaringan tersebut tidak memiliki tempat pembuangan maka semakin lama maka akan semakin menumpuk dan membentuk kista yang menghalangi fungsi normal ovarium dan mengarah pada jaringan parut serta pelengketan. Penyumbatan pada tuba tidak meneruskan sperma dan ovum ke rahim untuk implantasi serta menyebabkan konsepsi menjadi lebih sulit.

Penyakit radang panggul

Penyakit ini disebabkan oleh penyakit seksual yang menular. Penyakit ini dapat memengaruhi organ reproduksi wanita serta mempengaruhi konsepsi. Kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya kerusakan permanen pada ovarium, rahim, daluran tuba serta organ reproduksi wanita lain. Jika Anda mengalami gejala tidak biasa seperti timbul rasa nyeri saat buang air kecil, rasa sakit saat saat melakukan hubungan seks, gatal atau timbur sensasi sekan terbakar pada area pribadi maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Disfungsi tiroid

Indian Thyroid Society menerangkan, terdapat sekitar 70 persen wanita dengan penyakit seks menular (PMS) memiliki disfungsi tiroid yang menyebabkan kemandulan. Kondisi ini karena hormon tiroid akan mengatur fungsi sel, menyebabakan terganggunya fungsi tiroid serta dapat memengaruhi ovulasi dan kesuburan.

Suber merdeka.com

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner