paspor
Prime banner

TANYA:

Kak, saya mau tanya.Kalau majikan mau menambah kontrak kerja dengan sayalagi pada bulan Agustus 2016, tetapi masaberlaku paspor saya cuma sampai bulan Februari 2018, apakah saya harus bikin paspor baru dulu sebelum tambah kontrak dengan majikan? Atau, apakahsaya harus perpanjang paspor dulu baru tambah kontrak baru? Lalu, apakah saya harus keluar dari Hong Kong setelah tanda tangan kontrak kerja baru? Dan, siapa yang harus membayar biaya perpanjangan visakerja saya? Terima kasih.  [Yuana]

JAWAB:

Menurut peraturan dariImigrasi Hong Kong, mereka akan menerima permintaan untuk proses visa kerja baru dalam jangka waktu 40 hari dari masa berakhirnya visa kerjayang berjalan. Jadi, Anda dan majikan bisa mulai memproses visa kerja baru pada bulan Juni 2016.  Sesuai dengan ketentuan yang tertera di dalam paspor, kita baru bisa memproses paspor baru enam bulan sebelum masa berakhirnya paspor. Jadi, untuk keadaan Anda, maka Anda bisa memproses kontrak kerja barudulu di Imigrasi Hong Kong. Imigrasi akan memberikan visa kerja dan mengharuskan Anda keluar dari Hong Kong pada tahun pertama (sesuai visa Anda:jadi sebelum atau pada bulan Agustus 2017).

Setelah Anda kembali ke Hong Kong, maka Imigrasi akan memberikan visa untuk tahun kedua. Tetapi berhubungpaspor Andaberakhir pada bulan Februari 2018, biasanya Imigrasi Hong Kong akan memberikan visa satu bulan sebelum masa paspor berakhir.

Anda harus membuat paspor baru dan setelah mendapatkan paspor baru, Anda harus membuat permohonan ke Imigrasi Hong Kong untuk meminta permohonan sisa visa kerja sampai bulan Agustus 2018 (sampai2 tahun).

Andabisa pergi ke Imigrasi untuk membuat permohonan visa kerja. Dan,karena ini berhubungan denganpekerjaan Anda, maka majikan tidak boleh memotong hari libur Anda sekiranya Anda pergi mengurus visa kerja ke Imigrasi. Majikan adalah pihak yang harus menanggung biaya visa tersebut.  Semoga sukses!

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner