Prime banner

HONG KONG – Pesta kembang api yang menjadi tradisi perayaan tahun baru Imlek tahun ini oleh otoritas Hong Kong dinyatakan dibatalkan. Informasi pembatalan pesta kembang api tersebut disampaikan langsung oleh Chief Executive Hong Kong, Carrie Lam dalam laman resminya.

Dalam keterangannya, Lam menyatakan, pembatalan rencana pesta kembang api untuk menghormati para korban kecelakaan maut bus doubledeck KMB Line 872 pada Senin petang kemarin.

“Kembang api Tahun Baru Imlek Hong Kong yang ditetapkan Sabtu ini telah dibatalkan untuk menghormati korban kecelakaan lalu lintas paling mematikan di kota ini dalam lebih dari satu dekade terakhir” tegas Lam.

Diberitakan oleh SCMP, Lam menahan diri untuk tidak menghadiri acara perayaan besar dalam “satu atau dua minggu mendatang”.

Sejak beberapa waktu sebelumnya, rencana pesta kembang api perayaan tahun baru Imlek telah diumumkan. Direncanakan berlangsung dari jam 8 malam pada hari Sabtu, hari kedua liburan Tahun Baru Imlek, dan berlangsung selama 23 menit.

Biaya besar telah dikeluarkan, berbagai persiapan matang telah dilakukan. Namun insiden tragedi kecelakaan Bus membuat rencana ini harus dibatalkan, demi menghormati mereka yang berduka.

Insiden pembatalan pesta kembang api saat perayaan tahun baru Imlek, sebelumnya juga pernah dibatalkan oleh otoritas Hong Kong pada tahun 2014 silam lantaran ada insiden kemanusiaan, kecelakaan kapal ferry yang menelan 39 korban meninggal duunia dan puluhan luka-luka. [Asa]

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner