Romantisnya Di Hutan Trembesi Benculuk Mbanyuwangi

Seperti gapura, romantis di Hutan Trembesi Djawatan Benculuk Banyuwangi | Foto @infiatravel
Prime Banner

BANYUWANGI –  Jawatan Benculuk Banyuwangi merupakan sebuah bangunan tua yang dulunya digunakan untuk pengelolaan Transportasi Kereta Api. Namun, saat ini wisata Jawatan sudah beralih fungsi sebagai tempat wisata. Jawatan Benculuk selain difungsikan sebagai tempat wisata juga difungsikan sebagai area resapan air dan penimbun kayu jati yang berkualitas yang dikelola oleh Perhutani Banyuwangi.

Tempat ini menawarkan pesona pemandangan yang bagus, sangat cocok untuk dijadikan tempat hunting foto maupun background pre-wedding dengan tema “Nature”. Saat yang tepat apabila ingin menikmati semilir angin yang sejuk dan panorama alam Jawatan adalah pada sore hari.

Karena pada sore hari sinar matahari yang menerobos masuk melalui celah-celah pepohonan menjadikan tempat ini tampak menakjubkan. Tak heran jika pada sore hari selalu dipenuhi pengunjung, baik hanya sekedar duduk duduk santai, bersepeda, dan berolahraga.

Jawatan ini dikelola oleh perhutani karena sekitar tempat ini memang ditumbuhi tumbuhan layaknya seperti di hutan. Luasnya sekitar 3,8 hektar.

Penanaman dan penataan pohon di sini sangat begitu rapi sehingga menjadikan pemandangan indah. Pohon trembesi inilah yang ada di Jawatan Benculuk. Pohon ini cukup unik sehingga banyak sekali yang datang ke sini tak lupa untuk mengambil foto.

Eksotika “Primitif” di Wisata ‘Kampung Primitif’ Mbanyuwangi

Tak ketinggalan, pohon jati juga tumbuh di sini dan sudah berusia puluhan tahun. Selain itu ada tanaman obat seperti Wesah karena dipercaya dapat menyembuhkan sakit lambung. Ada juga seperti tanaman buah salak liar, pohon kelengkeng, Jamur Kepong, Tanaman Santinet dan ada lagi lainnya.

Yang menjadi unik lainnya ada kualitas rumput di sini sangat bagus. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin duduk-duduk. Bahkan tak sedikit pengunjung beristirahat tidur-tiduran diatas rumput dengan merasakan angin sejuk dan pemandangan pesona hijau.

Selain itu banyak juga hewan-hewan berkeliaran di sini. Tetapi jangan khawatir, hewan tersebut tidak akan mengganggu pengunjung. Hewan tersebut adalah kelelawar yang biasanya keluar pada siang hari untuk mencari makan.

Ada beberapa fasilitas di sini dan tentu saja bisa kamu manfaatkan. Fasilitas tersebut ada Mushola untuk melakukan ibadah, kantin untuk mengisi perut saat lapar. Nah, ini menjadi favorit untuk para pengunjung yang datang yaitu Wifi.

Ya, di sini sudah dilengkapi dengan Wifi sehingga kamu tidak perlu khawatir kehilangan sinyal internet di sini. Ingin langsung memposting foto saat berada di sini tentu saja bisa dilakukan. Ada lagi fasilitas lain yaitu arum jeram. Wah, ini juga disukai oleh semua pengunjung saat di sini.

Jangan khawatir untuk fasilitas arum jeram di sini tidak terlalu berbahaya karena arus sungai tidak deras. Selain itu ada juga lapangan olahraga seperti lapangan voli, bola basket dan tenis. Biasanya lapangan ini dugunakan oleh orang-orang atau anak- anak yang datang saat sore hari.

Di Jawatan Benculuk ini juga sering kali dilakukan tempat foto preweeding. Karena memiliki latar belakang foto cukup bagus maka banyak sekali orang ke sini untuk hunting foto. Bahkan beberapa komunitas fotografi juga sering kali datang ke sini.

 

Rute dan Jalan Menuju Jawatan Benculuk

Alamat tempat wisata ini berada di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Kabupaten Banyuwangi. Untuk dapat sampai ke sini tidak susah karena letaknya masih bisa dibilang berada di kawasan tengah kota. Aksesnya juga tidak sulit karena bisa dilalui dengan berbagai kendaraan.

Jarak dari pusat kota sendiri hanya berjarak sekitar 50 km. kalau dihitung dengan waktu maka memerlukan sekitar 1 jam perjalanan darat. Kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua atau empat.

Rute yang perlu dilalui jika kamu berangkat dari Banyuwangi kota yaitu harus mengambil arah menuju Srono. Nah, dari sini akan langsung menemukan lokasi wisata. Tetapi sebelumnya kamu akan menemui pertigaan Benculuk lanjutkan ke arah Grajakan.

Cukup mudah bukan, karena lokasi ini berada dekat dengan jalan raya. Hanya sekitar berjarak 50 meter dari jalan raya Jember – Banyuwangi. Setelah menemukan gerbangnya kamu bisa melanjutkan dengan berjalan kaki karena kendaraan harus di parkir.

Ada juga pengunjung yang menggunakan peta online melalui titik koordinat. Ya, cara ini memang lebih mudah karena langsung didapat arah atau rute menuju lokasi. Bisa menggunakan Google Maps dengan mengetik nama tempat wisata. Maka secara langsung akan ada peta online di hp kamu.

 

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk ke Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk ini dibuka mulai pagi hingga sore. Tepatnya pada pukul 8 pagi sampai jam 6 sore. Mengapa demikian? Karena tempat yang memiliki banyak pohon ini masih dapat dibilang belum memiliki cukup penerangan.

Bahkan masih belum ada petugas yang berjaga di tempat wisata ini. Tetapi tenang saja sampai saat ini tempat wisata sejuk ini masih terbilang aman dan tidak ada kendala. Banyak sekali pengunjung datang ke sini saat weekend jadi kamu tidak akan sendirian saat berada di Jawatan Benculuk.

Untuk harga tiket masuk di sini tidak ada alias gratis. Menyenangkan bukan karena berlibur ke tempat yang indah ini tidak perlu memikirkan biaya yang mahal. Hanya saja kamu perlu membayar karcis untuk parkir kendaraan.

Nah, untuk lahan parkir sendiri sudah ada jadi kamu tidak perlu khawatir untuk meninggalkan motor atau mobil. Bahkan sudah ada penjaga di sekitar area parkir. Sudah tentu aman karena mereka tidak akan meninggalkan kendaraan bermotor kita saat masuk ke sini. []

Foto dihimpun dari berbagai sumber :

This slideshow requires JavaScript.

You may also like...