October 21, 2020

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Sulit Mencari Hotel, Pemerintah Hong Kong Didesak Membantu Pengadaan Hotel Untuk Karantina PRT Asing yang Baru Datang

1 min read
Prime Banner

HONG KONG – Memasuki bulan Juli 2020, seperti yang prnah diinformasikan sebelumnya, arus kedatangan ribuan PRT Asing dari Filipina ke Hong Kong mulai kelihatan.

Persyaratan setiap PRT asing yang datang harus menunjukkan hasil SWAB negatif COVID-19 serta harus menjalani karantina selama 14 hari di Hong kong sebelum masuk ke rumah majikan juga mulai diterapkan.

Dan seperti kesepakatan sebelumnya, Ribuan PRT Asing yang baru datang tersebut menjalani karantina di hotel dengan biaya ditanggung oleh pemberi kerja atau majikan.

Mengutip Harian Dim Sum, meskipun telah ada kesepakatan yang demikian, namun realisasi di lapangan, untuk mendapatkan hotel dirasa sangat sulit.

Asosiasi agen mengatakan, beberapa agen mengaku kesulitan memesan kamar kosong dengan berbagai alasan.

Di sebuah hotel di Mong Kok misalnya, dengan kapasitas 50 kamar, 60% kamar yang ada telah ditempati pekerja asal China yang tidak bisa kembali karena pandemi, sedangkan sisanya hanya 40% dan otomatis tidak memenuhi jumlah yang dibutuhkan.

Asosiasi Agen berharap, Pemerintah Hong Kong membantu mengatasi permasalahan tersebut dengan menunjuk beberapa hotel khusus misalnya agar kebutuhan kamar hottel untuk karantina selama 14 hari ribuan PRT asing yang telah dan akan datang di Hong kong bisa berjalan dengan lancar. []

Advertisement