Tanda Dijawabnya Salat Istikarah, Tak Selalu Lewat Mimpi

Prime Banner

Ketika ada lebih dari satu pilihan, dan kita bingung akan pilihan tersebut, maka kita harus berdo’a kepada Allah Ta’ala. Berdoa memohon supaya Allah Ta’ala memberikan pilihan terbaik bagi kita, baik dalam urusan jodoh, pekerjaan, atau lainnya.

Agar lebih mantap doa kita dalam menentukan sebuah pilihan yang sulit, dirikanlah sholat istikharah. Sholat sunnah ini kerap kali diartikan dengan mimpi. Karena masih banyak yang beranggapan bahwa tanda dari dijawabnya doa kita dalam sholat istikharah adalah melalui mimpi, apakah benar?

Inilah Tanda yang Benar bahwa Sholat Istikharah yang Kita Lakukan Dijawab oleh Allah Ta’ala

Sebenarnya, jawaban dari sholat istikharah bukanlah selalu melalui mimpi. Bahkan, dalam beberapa kitab fiqih yang membahas istikharah, tidak ada satupun yang mengaitkannya dengan mimpi. Tidak ada yang menuliskan bahwa jawaban sholat istikharah diberikan melalui mimpi.

Yang benar adalah, jawaban dari sholat istikharah adalah melalui kemantapan hati. Yaitu hati kita lebih condong ke pilihan yang mana, itulah hasil dari sholat istikharah, bahwa doa kita sudah dijawab oleh Allah Ta’ala.

Selian itu bisa juga kita dimudahkan oleh Allah Ta’ala untuk cenderung mengetahui lebih banyak tentang salah satu hal yang membuat kita bingung tersebut. Misal kita bingung memilih jodoh antara A dan B. Jika setelah istikharah kamu lebih banyak mengetahui tentang Si A, dimudahkan untuk lebih dekat dengan Si A, maka Si A itulah jodoh terbaik buatmu.

Dikutip dari riwayat Ibnu Sunni, Syaikh Wahbah Az Zuhaili rahimahullah menguatkan dalam Fiqih Islam wa Adillatuhu, “Hai Anas, jika engkau menginginkan sesuatu, maka mintalah petunjuk kepada Allah sebanyak tujuh kali. Setelah itu, lihatlah urusanmu mana yang masuk dalam hatimu pertama kali karena disitulah tempat kebaikan.”

Oleh karena itu, jangan hanya mengaitkan sholat istikharah dengan mimpi, karena jawabannya tidak selamanya Allah Ta’ala berikan melalui mimpi, melainkan dari keyakinanmu. Tapi perlu diingat, jangan pernah menaruh keyakinan di dalam salah satu pilihan sebelum melaksanakan sholat istikharah.Wallahu a’lam []

You may also like...