Wajar Jika Kamu Membenci Seseorang, Tapi Sangat Hina Jika Kamu Menghasut Orang Lain Untuk Ikut-Ikutan Membenci

Prime Banner

ApakabarOnline.com – Kamu boleh membenci siapa pun yang menyakiti dirimu, kamu berhak memberi maaf dan tidak memberi maaf, tapi salah bagimu bila kamu mengajak orang lain untuk ikutan membenci orang yang kamu benci/tidak kamu suka.

Kalau memang harus membenci orang lain gak usah ngajak orang lain, cukup kamu saja yang membenci. Agar tidak menjadi sebuah kesalahan bagi dirimu, agar kamu tidak sama atau menjadi lebi buruk dari orang yang kamu benci.

Kamu Boleh Membenci Orang Lain, Tidak Salah Kok Karena Memang Kadang Ada Orang Yang Dengki Padamu

Kamu berhak memberi maaf atau tetap membenci orang yang menyakiti, pengkhianat, penipu, teman yang menusuk dari belakang atau mungkin seseorang yang kamu rasa telah melukai perasaanmu.

Terkadang memang ada orang yang melakukan kesalahan saking beratnya rasanya sulit untuk memberikan maaf padanya, dan rasanya itu lumrah banyak dirasakan oleh kebanyakan orang.

Kamu Bebas Membencinya Sesukamu Tapi Jangan Menghasut Orang Lain Untuk Ikut Membenci Orang Yang Kamu Benci

Kamu bebas membenci siapapun sesukamu tapi jangan pernah menghasut orang lain, untuk ikut-ikutan membenci orang yang kamu benci. Agar mereka tidak menjadi pembenci atau membenci seseorang yang tidak ada hubungannya dengan mereka.

 

Karena Wabah SARS, Mantan PMI Hong Kong Menjadi Praktisi Akupuntur

 

Agar cukup kamu saja yang membenci orang yang kamu benci dan agar tidak banyak orang yang membenci seseorang yang tidak kamu suka.

Jika Memang Berat Memberi Maaf Akan Lebih Baik Jika Tak Membuat Orang Lain Ikutan Benci Sama Orang Yang Kamu Benci

Bila memang berat memberikan maaf, akan jauh lebih baik untuk diam saja atau hanya cukup kamu yang membencinya. Dan lebih baik mendiamkan dan memilih bodo amat atau bisa juga memutus semua hubungan atau menghindari semua hal yang berhubungan dengan orang yang kamu benci ketimbang ngajk orang sekampun untuk membenci orang memiliki kesalahan sama kamu.

Tidak Memaafkan Bukan Berarti Kamu Tidak Pemaaf, Tapi Mengajak Orang Lain Untuk Membenci Telah Menjadikanmu Menjadi Seorang Penghasut

Hanya karena tidak memaafkan satu orang bukan berarti kamu termasuk orang yang tidak pemaaf atau pendendam. Namun jika kamu mengajak satu orang saja untuk ikut membencinya sudah pasti akan menjadi penanda bahwa kamu termasuk orang yang suka menghasut.

Kalau Memang Harus Membenci Simpanlah Kebencianmu Agar Kamu Tidak Menjadi Lebih Buruk Dari Orang Yang Kamu Benci

Kalau memang tidak bisa memberi maaf, kalau memang harus tetap membenci, simpanlah kebencianmu itu sendiri gak usah ngajak teman, sodara atau orang sekampung, buat ikutan membenci seseorang yang kamu benci.

Sesalah apapun orang itu sama kamu dan sebesar apapun kesalahan dia sama kamu, tetap saja kebencianmu adalah urusan pribadimu sendiri, jangan libatkan orang lain. yang harus kamu ketahui kalau dia memang buruk tanpa kamu ngajak orang sekampungpun orang bakalan membencinya. []

Penulis : Niena A

 

 

You may also like...