November 29, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

4 Hal Ini Seyogyanya Dilakukan Majikan Terhadap Pekerja Barunya

2 min read
-

HONG KONG – Kebutuhan akan jasa domestic worker di Hong Kong bisa di sebut sebagai kebutuhan hampir di seluruh rumah tangga. Fenomena metropilotan yang menuntut pasangan suami istri harus bekerja, membuat anak-anak dan rumah tangga mereka tidak terurus. Hal inilah yang memaksa penduduk Hong Kong harus memperkerjakan pekerja rumah tangga agar anak dan pekerjaan rumah tangga tertangani dengan baik.

Dalam posisi ini, nilai tawar seorang pekerja rumah tangga memiliki posisi yang cukup bagus, dan sangat dibutuhkan. Namun demikian, ttidak semua majikan di Hong Kong memiliki pandangan yang sama tentang keberadaan profesional pekerja rumah tangga di ruumah mereka. Perbedaan cara pandang inilah yang pada turunannya melahirkan perbedaan sikap.

Dilansir dari Around DB, Julie Delignon, Seorang aktifis Buruh Migran dari helper choise di Hong Kong, menyampaikan saran tertulis untuk para majikan di Hong Kong saat mereka menerima kedatangan pekerja baru. Julie menyarankan, setidaknya ada 4 hal yang harus dilakukan oleh majikan saat menerima pekerja baru. Hal tersebut adalah :

 

  1. Polis Asuransi Yang Sesuai

Majikan bertanggung jawab untuk menyediakan perawatan medis gratis kepada mereka dengan bantuan medis, termasuk konsultasi, biaya rumah sakit dan perawatan gigi darurat bila diperlukan. Karena biaya medis bisa menjadi tak terduga dan mahal, disarankan untuk mengambil polis asuransi yang mencakup cakupan medis dan rumah sakit yang komprehensif.

 

  1. Ajari Dasar-Dasar Keselamatan Di Lingkungan Baru

Keselamatan kerja sangat penting. Ada banyak bahaya tersembunyi seperti jatuh dari ketinggian, sengatan listrik atau bahkan perampokan yang bisa menimpa pekerja rumah tangga. Oleh karena itu, ada baiknya memberi petunjuk tentang bagaimana menghadapi situasi berbahaya dan memberinya peralatan keselamatan.

 

  1. Latih Ketrampilannya

Meskipun sebelum mendapat majikan, pekerja rumah tangga telah mendapat pelatihan, namun ada beberapa hal yang harus mendapat penyesuaian terkait dengan ketramppilan saat berada dii tempat baru.

 

  1. Making Good Relationship

Hubungan baik yang terbangun memiliki arti penting selama bekerja. Kesulitan pekerjaan, masalah yang muncul dan kendala-kendala lain yang bisa berpengaruh pada kualitas kerja, akan mudah teratasi jika hubungan baik terbangun.

 

Fenomena hubungan industrial pada profesi ini, ada yang hingga 20 tahun seorang domestic worker bertahan bekerja di satu majikan, namun ada pula yang hanya bertahan beberapa bulan, bahkan beberapa hari, memutuskan untuk keluar. Hal ini tentuu bukan tanpa sebab. [Asa]

Advertisement
Advertisement