April 23, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

5 Tips Khatam Baca Al Quran Selama Ramadan

3 min read

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi”. “Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” -QS. Fathir ayat 29-30-

Selamat datang bulan Ramadan, selamat datang bulan seribu bulan yang penuh dengan kemuliaan. Di bulan ini, umat muslim berlomba-lomba menunaikan berbagai kebaikan, berlomba-lomba meminta pengampunan kepada Tuhan, berlomba-lomba pula dalam bertilawah dan memperbanyak membaca ayat Al-Quran.

Dari banyaknya amalan ibadah yang bisa diperbanyak di bulan Ramadan, membaca Al-Quran sangatlah penting dilakukan. Membaca Al-Quran justru memiliki banyak manfaat dan ini sangat dianjurkan dalam kitab suci Al-Quran.

Mengingat ada begitu utama manfaat dari membaca Al-Quran. Yuk, lebih giat lagi dalam membacanya di bulan Ramadan, bulan yang penuh rahmat dan kemuliaan ini. Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan agar di bulan ini kamu bisa khatam Al-Quran. Apa saja tipsnya? Simak yang berikut ini.

 

Baca Rutin 1 Juz Setiap Hari

Usahakan untuk membaca Al-Quran rutin sebanyak 1 juz setiap hari. Atau kalau punya banyak waktu luang, kamu bisa membacanya lebih dari 1 juz. Jika terlalu berat membaca 1 juz di satu kali waktu, kamu bisa membaca 1 juz ini di beberapa waktu misal selepas berbuka puasa, selepas tarawih atau selepas sahur.

 

Baca 2 Lembar Setiap Kali Selesai Salat 5 Waktu

Al Quran umumnya memiliki 600 halaman. Untuk bisa mengkhatamkannya selama satu bulan di bulan Ramadan, baca Al-Quran sebanyak 2 lembar atau 4 halaman setiap selesai salat wajib 5 waktu. Jika kamu juga rutin menunaikan salat sunah Dhuha dan Tahajud, tidak ada salahnya jika kamu juga membaca Al-Quran di waktu ini. Ketika kamu rutin membaca Al-Quran sebanyak 2 lembar setiap selesai salat, khatam Al-Quran di bulan Ramadan tak lagi hanya sebuah angan atau impian.

 

Instal Aplikasi Al-Quran di Gadget

Di era milenial seperti sekarang ini bisa dipastikan bahwa hampir semua orang memiliki gadget. Manfaatkan gadget kamu dengan baik termasuk dengan menginstal aplikasi Al-Quran di dalamnya. Daripada kepo story media sosial mantan, gebetan atau sosok yang diimpikan, alangkah baiknya jika waktu luang kamu gunakan untuk membaca Al-Quran di Gadget. Adanya aplikasi Al-Quran di gadget bisa membantu membaca Al-Quran, kapan pun dan di mana pun kamu mau. Ini juga sangat memungkinkan membuat kamu khatam Al-Quran lebih cepat di bulan penuh kemuliaan ini.

 

Beli Al-Quran Kecil yang Bisa Dibawa ke Mana-mana

Jika kamu sering merasa pusing dengan membaca Al-Quran di layar gadget, kamu bisa membeli Al-Quran kecil atau Al-Quran saku yang bisa dibawa ke mana-mana. Baca Al-Quran ini di waktu luang kamu dan lakukan sesering mungkin.

 

Semangat Membaca di Awal Hingga Akhir Ramadan

Banyak orang begitu semangat membaca al-quran dan menunaikan ibadah lain di awal puasa. Saat tiba akhir puasa, tidak sedikit orang yang semangatnya berkurang. Jika kamu ingin khatam Al-Quran di bulan Ramadan, semangat ini tak boleh luntur baik di awal maupun di akhir Ramadan. Usahakan agar semangat kamu justru semakin bertambah setiap harinya dan bacaan Al-Quran yang dibaca semakin bertambah atau semakin banyak.

Karena umumnya wanita mengalami menstruasi yang bisa membatalkan puasa dan diminta menghindari membaca Al-Quran, hitung dengan teliti berapa lama kamu menstruasi. Luangkan waktu untuk menabung bacaan Al-Quran yang tidak bisa dibaca selama menstruasi. Itulah tips khatam Al-Quran selama Ramadan.

Mengkhatamkan bacaan Al-Quran di bulan Ramadan selama sebulan tak akan pernah jadi hal yang mustahil selama kita memiliki niat kuat dan semangat yang tak pernah pupus. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan, perbanyak membaca Al-Quran, jangan lupa untuk mengkaji serta meresapi juga mengamalkan maknanya.  [Rohmitriasih]

Advertisement
Advertisement