May 15, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

BNP2TKI : “Betul, Dian Mantan PMI Oman”

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

JAKARTA – Penelusuran jejak untuk mengungkap jatidiri Dian Yulia Novi terus berlanjut. Mendapat keterangan yang kurang pasti mengenai kemana dian pergi bekerjaa ke luar negeri dari pemerintah Desa Bakung Lor yang tidak pasti, Apakabaronline.com melanjutkannya ke BNP2TKI sebagaai otoritas yang memiliki kewenangan terhadap perekrutan, penempatan hingga perlindungan PMI.

Data di BNP2TKI menunjukkan bahwa Dian Yulia Novi terdaftar sebagai salah seorang PMI prosedural dengan negara tujuan Oman melalui PPTKIS PT Hijrah Amal Pratama. Perempuan lulusan SMU itu memegang paspor bernomor AN537753 dengan tanggal paspor 26-1-2010 dan nomor visa 571095/62, bekerja di seorang majikaan bernama Hamad Saleem Mansour.

Menanggapi kejadian ini, kepala BNP2TKI, Nusron Wahid, menyatakan, sebenarnya dalam setiap pemberangkatan PMI lembaganya sudah melakukan pengetatan dan melakukan pencegahan agar mereka tidak mempan ketika di luar negeri didoktrin oleh orang dari organisasi teroris. Bahkan, dalam Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP) juga ditekankan bagaimana nilai-nilai Pancasila sebagai penangkal ketika menghadapi doktrin teroris yang mengatasnamakan jihad.

“Dalam penyuluhan terhadap PMI di luar negeri, BNP2TKI juga menggandeng Badan Nasional Penanganan Teroris (BNPT) untuk mengantisipasi PMI yang hendak bergabung dengan ISIS atau kelompok-kelompok teroris lainnya,” ujarnya.

Temuan di BNP2TKI ini selaras dengan keterangan yang diberikan oleh salah seorang perangkat Desa Bakung Lor, yang menyatakan bahwa  profesi Dian selama ini mengajar bahasa Arab dan Inggris di Jakarta. [Asa/ROL]

Artikel Terkait :

Densus 88 : Dian, Eks PMI, Terduga Teroris Yang Siap Ledakkan Bom Di Istana

Dian Menuliskan Surat Wasiat

Lakukan Penelusuran Jejak Dian Ke Cirebon, Ini Hasilnya

Advertisement
Advertisement