May 15, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

BREAKING NEWS : Innalillahi Wa Innailaihi Rajiun, Selamat Jalan Pak Adi Sasono

1 min read
Test COVID-19 untuk Penata Laksana Rumah Tangga Asing

Kabar duka baru saja diterima Apakabaronline.com melalui sebuah  group whatsapp perihal meninggalnya mantan Menteri Koperasi di era Presiden BJ Habibie, Adi Sasono pada hari ini 13 Agustus 2016 sekira pukul 17:20. Indonesia kembali kehilangan tokoh cemerlangnya dalam bidang sosial ekonomi.

Pria kelahiran Pekalongan 16 Februari 1943 ini memiliki perjalnan panjang dalam dunia pergerakan pelajar dan mahasiswa disamping juga memiliki peran dalam berbagai NGO dan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI). Di masa mudanya, saat masih duduk sebagai pelajar, Adi Sasono pernah aktif di pergerakan Pelajar Islam Indonesia sampaijenjang pengurus Wilayah Jawa Tengah. Saat menjadi Mahasiswa, almarhum aktif di Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Bandung.

Saat ini, jenazah almarhum tengah disemayamkan di rumah duka Jalan Swakarya Bawah No. 1, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Belum ada informasi kapan dan dimana almarhum akan dimakamkan.

Pemikirannya dalam dunia ekonomi khususnya dalam bidang koperasi dan ekonomi arus bawah sangat mempengaruhi iklim perekonomian Indonesia di masa transisi dari era orde baru ke orde reformasi. Kedekatannya dengan wong cilik membuat almarhum banyak sekali membumikan berbagai program untuk mengentaskan dan mengangkat kesejahteraan wong cilik.

Kedekatan Adi Sasono dengan dunia pekerja migrant, melahirkan pemikiran koperasi migrant yang targetnya bukan sekedar untuk menjadi tempat simpan pinjam finansial saja. Melainkan bias mengangkat roda perekonomian mantan pekerja migrant yang menjalankan wira usaha.

Selamat jalan Pak Adi, segenap pimpinan, staf, redaksi dan seluruh keluarga besar Apakabaronline.com menyampaikan ikut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya. Jasamu selalu kami kenang. [Asa]

Advertisement
Advertisement