May 17, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Cilacap Direndam Banjir, Ratusan Keluarga Dievakuasi, Ribuan Rumah Tergenang

2 min read

CILACAP – Hujan lebat yang terjadi sejak Jumat (6/10) hingga Sabtu (7/10) siang ini membuat sejumlah Kecamatan di Kabupaten Cilacap tergenang air. Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cilacap Tri Komara, menyebut, Wilayah yang terkena banjir, antara lain Desa Kawunganten dan Kalijeruk, Kecamataan Kroya, serta beberapa wilayah di kota Cilacap seperti Jalan Sutomo, sekitar RSUD Cilacap, dan RSI Fatimah.

“Paling parah di Kecamatan Kawunganten, ketinggian air di jalan raya sekitar 1,5 sampai 2 meter. Sedangkan yang masuk ke pemukiman penduduk mencapai 1 meter,” imbuhnya.

Dikutip dari ANTARA,  sejak dini hari tadi, sejumlah fasilitas umum seperti RSUD Cilacap, RS Islam Fatimah Cilacap, hingga gedung-gedung sekolah dan kantor pemerintahan di kecamatan terdampak juga tak luput dari genangan air.

Trenggalek Banjir Bandang, Ribuan Rumah Tergenang

“Luapan air yang menggenangi jalan raya di seputar Bandara Tunggul Wulung dan jalur lain mengakibatkan kemacetan lalu-lintas,” ujarnya.

Atas kejadian ini, BPBD sudah menurunkan status tanggap darurat. Pihaknya, lanjut Tri, telah berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Lanal, Basarnas, PMI, dan aparat wilayah untuk mengevakuasi warga jika genangan air di masing-masing wilayah semakin tinggi.

Badan “Search and Rescue” Nasional (Basarnas) mengerahkan personel untuk membantu proses evakuasi korban banjir di Desa Kalijeruk, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kata Koordinator Basarnas Pos SAR Cilacap Mulwahyono.

“Kami menerjunkan satu regu Basarnas berikut satu unit perahu karet untuk membantu evakuasi warga yang rumahnya terendam banjir,” katanya di Cilacap, Sabtu.

Ia mengatakan berdasarkan pendataan sementara, jumlah warga yang telah dievakuasi sekitar 200 orang yang berasal dari lingkungan RT 02 dan 03 di RW 03.

Menurut dia, lokasi pengungsian berada di rumah-rumah warga yang tidak terdampak banjir serta rumah Kepala Desa Kalijeruk. [Asa/ANTARA]

Advertisement
Advertisement