November 29, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Demi Menafkahi Anak Istri, Hartono Sampai Bernasib Begini

2 min read
-

Selangor – Seorang PMI bernama Hartono (34) yang berasal dari Jawa Tengah ditemukan meninggal dunia tenggelam di sungai Rantau Panjang di Kampung Sungai Darah,Jumat (21/07) kemarin sekira jam 4 petang. Peristiwa ini kali pertama diketahui oleh salah seorang rekan korban yang melihat Hartono terjatuh ke Sungai, kemudian tenggelam dan tidak muncul lagi ke permukaan.

Hartono, merupakan PMI yang bekerja dalam proyek konstruksi bangunan. Menurut Jamal rekannya, sebenarnya Hartono sering mencari ikan di Sungai yang berdekatan dengan kampus Universitas Selangor tersebut. Niat utamanya, adalah mencari lauk untuk makan. Namun seringkali Hartono mendapat tangkapan yang berlebih hingga selain dibagikan ke teman satu kosnya, sisanya dia jual untuk menambah uang kiriman ke kampung halaman.

“Sebenarnya Tono sering nangkap ikan disitu. Ttapi entah kenapa hari itu dia tiba-tiba terjatuh ke sungai. Mungkin terpeleset atau mungkin kelelahan, kita tidak bisa memastikan” tutur Jamal kepada koresponden Apakabaronline.com

“Tono ini bapak yang rajin yang tanggung jawab banget pada keluarganya. Dia mencari ikan itu maksudnya untuk menghemat uang makan, sebab Tono sehari-hari makan makanan dari hasil memasak sendiri. Kalau beli makanan di kedai kan mahal” imbuh Jamal.

Di lingkungan tempatnya kerja, meskipun tergolong masih berusia muda, Harrtono cukup disegani lantaran perilaku dan tauladan baiknya. Sering dia menasehati teman-temannya untuk berhemat, supaya uang hasil kerja yang pas-pasan bisa lebih maksimal dicurahkan untuk keluarga di kampung halaman.

“Nasehat yang paling saya ingat itu ‘kamu kerja disini untuk dirimu sendiri apa untuk anak istri ?’ “ lanjut Jamal.

Usai dievakuasi, jenazah Hartono langsung di bawa ke kamar mayat Rumaah Sakit Selangor untuk dilakukan pemeriksaan. Selamat jalan Har… [Asa/Ilham]

Advertisement
Advertisement