December 5, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Di Tangan CDE, 83% Kasus PMI Yang Masuk Berhasil Diselesaikan

2 min read
-

SINGAPURA –Prestasi menggembirakan berhasil diraih oleh  Central for domestic employees and employers (CDE) yang sepanjang tahun 2016 berhasil menangani 83% kasus pekerja migran yang masuk. Data ini dirilis oleh CDE dihadapan awak media pada Senin kemarin saat menggelar launching buku. (23/01).

Memalui moment launching beberapa buku panduan pekerja migran yang mereka terbitkan dalam berbagai bahasa, Direktur Eksekutif CDE, Shamsul Kamar menyatakan lebih dari separoh kasus pekerja migran yang mereka tangani merupakan persoalan gaji. Ada gaji yang tidak atau belum terbayar, dan ada pula gaji yang dibawah standart minimal. Selebihnya, merupakan kasus kekerasan fisik, kekerasan mental serta kasus lain.

Peluncuran serial buku panduan oleh CDE tersebut dimaksudkan untuk menunjang misi CDE yaitu mewujudkan hubungan kerja yang harmonis, produktif dan saling menguntungkan antara pekerja rumah tangga asing di Singapura dengan majikan. Dalam buku serial tersebut, Kamar berharap  akan terbangun hubungan yang sehat, dapat membantu mengurangi kemungkinan miskomunikasi dan kesalahpahaman,antara pembantu rumah tangga asing dengan majikan.

buku panduan pekerja rumah taangga asing yang diluncurkan oleh CDE dalam berbagai bahasa
buku panduan pekerja rumah taangga asing yang diluncurkan oleh CDE dalam berbagai bahasa

Hadir dalam peluncuran tersebut, Menteri Ketenagakerjaan Singapura, Asosiasi Agen penyalur pekerja migran, perwakilan PMI, kedutaan beberapa negara serta pemerhati pekerja migran di Singapura.

Dalam operasional sehari-hari, CDE memiliki pola kerja outdoor, mobile dan official. Dalam melayani dan memberikan layanan konsultasi gratis, PMI bisa mendatangi kantornya, mendatangi pos-pos mereka yang tersebar di berbagai distrik di Singapura pada saat libur, atau melalui layanan mobile jika dirasa darurat. Dengan layanan mobile atau layanaan on the spot, PMI yang sedang darurat bermasalah langsung didatangi oleh petugas CDE untuk dievakuasi ke shelter mereka.

Layanan outdoor pada tenda-tenda yang digunakan sebagai pos konsultasi tersebar di sekitar Paya Lebar MRT, Toa Payoh Town Park, Ang Mo Kio Taman Timur dan Coleman Street. [Asa/CNA] foto – dokumentasi CDE

Advertisement
Advertisement