February 27, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Diduga Ada Pesawat Jatuh, Warga Mataraman Panik

1 min read
Informasi Pendaftaran Pemilih

Madiun – Dentuman keras di udara terdengar sampai dua kali berturut-turut pada siang ini (30/08)  sekira jam 12-an. Dentuman tersebut terdengar oleh telinga warga kawasan Mataraman (Madiun, Ponorogo, Magetan, Ngawi, Karanganyar) jelas sekali. Bahkan di kawasan Ponorogo sampai menimbulkan getaran diatas permukaan tanah.

Tidak lama kemudian, beredar kabar melalui sosial media, bahwa dentuman tersebut merupakan bunyi dari sebuah pesawat militer yang jatuh yang diikuti dengan foto-foto insiden pesawat jatuh pada tahun 2009 silam di kawasan Karas Magetan. Saat Apakabaronline melakukan penelusuran, tidak ada yang bisa memastikan kebenaran informasi tersebut, bila benar ada ppesawat jatuh, pesawat jenis apa, milik siapa dan jatuh di kawasan mana.

Namun, baru saja, Apakabaronline mendapat verifikasi mengenai hal tersebut dari pangkalan TNI AU Maospati, bahwa bunyi dentuman keras diudara yang didengar warga Mataraman tersebut ternyata Sonic Bom. Kepada awak media, Kasi Intel Lanud Iswahyudi, Mayor Riko menyatakan bahwa dentuman itu adalah efek suara yang ditimbulkan pesawat yang sedang menambah kecepatannya secara frontal hingga kecepatannya melebihi kecepatan suara.

“Fenomena yang seperti itu lazim disebut dengan Sonic Bom” terangnya.

Pesawat yang sedang bermanuver dengan kecepatan tinggi tersebut merupakan pesawat jenis F16 yang terbang dari pangkalan TNI AU Maospati, dan mengudara diatas langit Mataraman. Di kawasan Mataraman, TNI AU memiliki beberapa sasaran tembak untuk latihan prajuritnya.   Salah satunya terdapat di kawasan hutan kayu putih Suren Mlarak Ponorogo.

Usai memberi penjelasan, Rudi meminta melalui awak media agar masyarakat tidak resah dengan beredarnya berita hoak ada pesawat jatuh. [Asa]

Advertisement
Advertisement