June 19, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Disamping Bisa Menyembuhkan Migrain, Linu Sendi, Serta Maag, Jahe Merah Masih Memiliki 7 Manfaat Lainnya

4 min read

Jahe merah adalah salah satu jenis tanaman jahe yang dipercaya sejak lama sebagai bahan obat-obatan. Jahe merah memiliki karakteristik rasa yang lebih pedas dibandingkan jenis jahe putih atau jahe gajah. Di India dan China jahe merah digunakan sebagai bahan obat-obatan karena mengandung bahan fitokimia yang bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Tanaman jahe merah juga seperti jenis jahe lainnya. Tanaman jahe memiliki ukuran sekitar satu meter dengan daun hijau yang sangat tipis. Ada karakteristik kasar pada setiap daun jahe yang tipis. Akar jahe yang akan menjadi rimpang biasanya terbenam dalam tanah dan berkembang sesuai dengan umur.

Bagian rimpang jahe merah memiliki kulit yang berwarna putih keabu-abuan. Meskipun disebut dengan jahe merah namun bagian daging rimpang jahe tidak berwarna merah. Jahe merah sama seperti jenis jahe lain dengan warna bagian dalamnya berwarna putih dan berubah agak kecoklatan setelah disimpan selama beberapa saat.

Nutrisi pada Jahe Merah

Jahe merah juga mengandung berbagai jenis nutrisi. Pada umumnya semua nutrisi memberikan manfaat yang sangat besar untuk tubuh kita. Semua daftar nutrisi yang ditemukan pada jahe merah bisa dijadikan acuan bahwa jahe merah memang mengandung khasiat yang sangat besar sebagai obat atau memberikan manfaat lain dalam bidang kesehatan.

Setiap 100 gram Jahe Merah terkandung nutrisiKarbohidrat,18.7 gram, Gula,1.8 gram, Serat,2.3 gram, Lemak,0.8 gram, Protein,1.72 gram, Tiamin,0.021 miligram, Riboflavin,0.036 miligram, Niasin,0.72 miligram, Mangan,0.21 miligram, Magnesium,45 miligram, Kalium,425 miligram, Sodium,14 miligram, Zat besi,0.7 miligram, Kalsium,17 miligram, Vitamin E,0.27 miligram, Vitamin C,7 miligram, Asam Folat,12 mikrogram, dan Vitamin B6,0.14 miligram.

Manfaat Jahe Merah Bagi Kesehatan Tubuh

Jahe merah dipercaya memiliki manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan jenis jahe lain. Jahe merah memiliki zat yang rasanya lebih pedas dan pahit. Rimpang jahe merah mengandung cadangan minyak atsiri berupa lemonin, kamfena, zingeberin, gingerol, shogool, gingeral. Selain itu jahe merah mengandung cadangan minyak, pati, asam malat, asam aksolat dan asam organik. Red rimpang jahe mengandung minyak atsiri yang terdiri dari zingeberin, kamfena, lemonin, zingiberen, zingiberal, gingeral, dan shogool. Deposito lainnya, yaitu damar minyak, pati, asam organik, asam malat, asam aksolat, dan gingerin.

 

  1. Jahe Merah Meningkatkan Nafsu Makan

Jahe merah bisa mengatasi masalah pencernaan yang membuat nafsu makan menurun. Rebus jahe merah irisan yang telah dijemur kering sebanyak 50 gram dengan air putih sebanyak 5 gelas. Didihkan diatas api kecil sampai air tersisa 4 gelas. Minum dua gelas sehari.  Efek jahe merah akan menghilangkan gangguan pada lambung sehingga bisa meningkatkan nafsu makan.

 

  1. Jahe Merah Menghangatkan Badan

Bila Anda sedang merasa kedinginan karena cuaca yang dingin atau karena sakit maka gunakan ramuan jahe merah untuk menghangatkan badan. Campur air rebusan jahe merah seperti pada nomor 1, minuman susu, atau madu. Jahe merah akan membuat badan menjadi lebih hangat dan nyaman.

 

  1. Jahe Merah Mengatasi Gangguan Seksual

Salah satu manfaat jahe merah lain adalah mengatasi gangguan disfungsi seksual. minum air jahe merah secara teratur ternyata bisa meningkatkan aliran darah yang bekerja pada saluran penis. Jahe merah bisa meningkatkan gairah seksual sehingga masalah seksual bisa diatasi. Disarankan untuk minum air jahe merah satu gelas perhati untuk mengatasi masalah ini.

 

  1. Mengobati Penyakit Maag

Efek jahe merah untuk lambung ternyata memang sangat tinggi. jahe merah bisa menjaga kestabilan asam lambung sehingga mengurangi rasa mual dan muntah pada penderita maag. Jahe merah juga membuat kesehatan lambung menjadi lebih baik seperti mengurangi infeksi atau kemungkinan luka pada lambung. Memasak jahe merah yang sudah dibersihkan dan merendamnya dalam air hangat bisa Anda coba. Disarankan untuk minum air jahe merah saat sudah dingin.

 

  1. Mengobati Asma dan Gangguan Pernafasan

Jahe merah mengandung berbagai jenis kandungan minyak atsiri yang sangat tinggi. kandungan minyak atsiri ternyata sangat bermanfaat untuk melegakan pernafasan sehingga membantu penderita asma. Jika penderita mengalami beberapa gejala yang meningkatkan kambuhnya asma maka bisa minum air jahe. Usahakan untuk minum air jahe yang masih segar dan hangat.

 

  1. Mengobati Batuk untuk Anak dan Dewasa

Kandungan minyak atsiri pada jahe merah juga bisa bermanfaat untuk mengatasi sakit batuk bagi anak-anak dan dewasa. Pengobatan ini bahkan sudah dilakukan di China dan India. Cara untuk membuat obat batuk dari jahe merah adalah sebagai berikut. Ambil 3 cm jahe merah yang masih segar dan cuci hingga bersih. Rebus jahe merah dengan dua gelas air putih hingga tersisa sekitar setengah gelas. Minum air jahe ini untuk pagi dan sore.

 

  1. Jahe Merah Mengatasi Sakit Sendi

Apakah Anda pernah mengalami gangguan sendi karena kelelahan atau masalah tulang. Pada umumnya penyakit ini sering ditemukan pada orang tua atau perempuan yang sudah masuk dalam masa menopause. Untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa mengambil beberapa ruas jahe merah kemudian hancurkan dengan benda keras. Tempelkan beberapa ruas jahe merah ke bagian sendi yang sakit. Tambahkan garam untuk mengurangi rasa sakit dengan efektif.

 

  1. Mengobati Peradangan

Peradangan bisa menyebabkan tubuh menjadi demam dan tidak semangat untuk bekerja. Beberapa jenis peradangan yang paling sering terjadi adalah pada bagian tenggorokan, sendi dan saluran pencernaan. Jahe merah mengandung senyawa gingerol yang ternyata bisa menjadi zat antiinflamasi yang sangat baik untuk tubuh. Anda bisa mengobati beberapa jenis peradangan dengan minum air jahe merah yang sudah didihkan.

  1. Jahe Menstabilkan Tekanan Darah

Masalah tekanan darah bisa menyebabkan tubuh menjadi tidak nyaman dan juga potensi beberapa jenis penyakit. Tekanan darah tinggi bisa meningkatkan resiko penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis penyakit lain. Sementara tekanan darah rendah akan membuat tubuh menjadi lemah, lesu dan tidak produktif. Untuk mengatasi gangguan ini maka Anda bisa mengkonsumsi rebusan air jahe merah. Jahe merah sangat efektif untuk menjaga kestabilan darah. Cara untuk mendapatkan air jahe merah adalah dengan merebus 50 gram jahe merah kering seperti pada nomor satu. Kemudian ambil sisa air setelah mendidih dan campur dengan madu atau gula sesuai selera.

Jahe merah telah digunakan sebagai ramuan obat-obatan dibeberapa negara seperti China, India, Arab dan Jepang. Jahe merah ternyata juga efektif untuk mengobati berbagai jenis gangguan penyakit lain seperti alergi, gangguan tulang, berbagai jenis penyakit karena tubuh lemah dan juga penyakit jantung dan limpa. Bahkan jahe merah ternyata juga sangat efektif untuk membuat penampilan menjadi lebih cantik. Anda bisa mencoba jahe merah untuk menghaluskan kulit, mencegah jerawat, dan merawat kulit yang berminyak. Ternyata ada berbagai manfaat dan khasiat jahe merah. Jadi mulai sekarang mari kita manfaatkan jahe merah yang mudah ditemukan. [manfaat]

Advertisement
Advertisement