May 18, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

“Garuda Di Hatiku” Histeria Patriotik PMI Di Arena SEA GAMES

1 min read

KUALA LUMPUR – Perhelatan peesta olahraga negara-negara Asia Tengggara yang tahun ini di gelar di Malaysia berlangsung dengan penuh kemeriahan. Indonesia yang mengirimkan kontingen untuk berbagai cabang olah raga, tak kaalah serunya. Meskipun sempat terjadi insiden terbaliknya bendera Indonesia di buku panduan Sea Games yang diterbitkan Panitia, namun, saat di medan laga, gegap gempita suporter, semangat mendukung tim berlogo Garuda.

Suasana ini tampak sekali mencolok, bahkan menarik perhatian banyak media untuk mengarahkan moncong lensanya, saat sebuah spanduk besar bertuliskan “Ada Garuda Di Hati TKI” diarak kemudian dibawa masuk ke stadion Sepak Bola, Majlis Perbandaran Selayang Malaysia pada 22 Agustus kemarin saat Timnas U 22 Akan bertanding melawan Tim dari Vietnam.

Siapakah pembawa spanduk tersebut ? Saat koresponden apakabaronline.com melakukan penelusuran, ternyata sekelompok suporter timnas U 22 dibelakang spanduk tersebut adalah komunitas PMI Malaysia. Mereka berasal dari berbagai daerah, ada yang dari Lamongan, dan seputaran Jawa Timur lainnya.

Di saat pertandingan berlangsung, sorak sorai suporter yang ternyata mayoritas PMI Malaysia tersebut mampu membuat gegap gempita stadion. Gaya suporter Jawa Timuran dengan yel dan soraknya, kental sekali terlihat.

“Garuda, di Dadaku” kata ini seringkali mereka gaungkan untuk menyemangati timnas yang sedang bertanding.

“kalau bukan kami para TKI, siapa lagi yang bisa mendukung Timnas saat bermain disini dengan dukungan suporter dalam jumlah besar ?” terang Zainudin, PMI asal Jombang.

Histeria patriotik yang melahirkan Yel-yel dan sorak, akan menjadi kekuatan luar biasa bagi timnas yang bertanding. PMI Malaysia  mencintai dan mendukung NKRI. [Asa/Ilham]

Advertisement
Advertisement