March 8, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Info Seputar Mudik : Di Solo, Copet Dibuatkan Tempat Istirahat

1 min read
Informasi Pendaftaran Pemilih

Dalam rangka musim mudik lebaran 1437 H, Pengelola Terminal Tirtonadi Solo bukan saja mengistimewakan para pemudik yang menggunakan jasa Terminal Tirtonadi saja. Terhadap para pencopet pun, pengelola juga memberi perlakuan istimewa, dengan membuatkan posko tempat istirahat yang beraada di dekat pintu masuk terminal Tirtonadi.

Tapi jangan salah sangka dulu, maksud didirikannya posko yang berukuran 3×3 meter beratap kain tenda berlatar backdrop bertuliskan “tempat Istirahat Copet”, kemudian lengkap dengan bangku layaknya ruang tunggu penumpang bukan untuk mempersilahkan pencopet yang sedang kelelahan untuk beristirahat. Namun ternyata, posko ini dijadikan etalase untuk memajang pencopet yang tertangkap di areal terminal Tirtonadi Solo.

Menurut keterangaan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Terminal Tirtonadi Solo Eko Agus Susanto kepada awak media, maksud didirikannya posko seperti ini adalaah untuk memberi efek jera pada pencopet yang biasa beroperasi di areal terminal Tirtonadi.

“Sudah tiga tahun ini posko didirikan setiap musim mudik lebaran. Ini merupakan ide dari pak walikota” terang Eko.

“Dahulu tahun 2014 saat pertama berdiri yang ditangkap 1 copet. Terus arus Lebaran 2015 lalu malah zero copet. Dengan adanya tenda seperti ini, pastinya copet sudah takut karena kalau tertangkap akan dipajang dan disuruh berdiri minimal lima jam di tenda itu. Setelah itu diserahkan ke polisi,” ujarnya. [Asa/FS]

Advertisement
Advertisement