March 7, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Info Seputar Mudik : Terjebak Macet di Jalur Mudik Jawa Timur ? Ini Alternatifnya

1 min read
Informasi Pendaftaran Pemilih

Surabaya – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Jawa Timur Supaad mengatakan ada lima jalur di wilayahnya yang berpotensi macet saat mudik Lebaran. Lima jalur rawan macet itu tersebar, yakni di utara, timur, dan selatan Jawa Timur.

“Ada sekitar enam titik di lima jalur itu yang rawan macet,” terangnya

Menurut Supaad, lima titik itu adalah Duduk Sampean untuk jurusan Surabaya-Tuban-Semarang; Pasar Babat untuk jurusan Surabaya-Lamongan-Bojonegoro-Cepu; Saradan untuk jurusan Surabaya-Madiun, Mengkreng serta jurusan Surabaya-Kediri-Tulungagung-Trenggalek. Selain itu, ada Pasar Rambipuji yang berada di jurusan Surabaya-Pasuruan-Probolinggo-Jember-Banyuwangi.

Supaad menjelaskan, jika kemacetan di lima jalur itu terjadi, para pemudik bisa mengalihkan perjalanannya melalui jalan alternatif.

Untuk jurusan Surabaya-Tuban-Semarang dengan jalur utama Surabaya-Gresik-Lamongan-Babat-Pakah-Tuban-Semarang, pemudik bisa memilih jalur alternatif Surabaya-Boboh-Morowudi-Balongpanggang-Mantup-Lamongan-Babat-Pakah-Tuban-Semarang.

Bila jurusan Surabaya-Bojonegoro-Cepu dengan jalur utama Surabaya-Gresik-Lamongan-Babat-Bojonegoro-Cepu macet, pemudik dapat melalui jalur alternatif Surabaya-Boboh-Morowudi-Balongpanggang-Mantup-gimnagng-Babat-Bojonegoro.

Bila jurusan Surabaya-Madiun dengan jalur utama Surabaya-Krian-Mojokerto-Jombang-Kertosono-Nganjuk-Caruban-Madiun macet, jika para pemudik dapat melalui jalur alternatif Surabaya-Legundi-Murip-Gedek-Ploso-Lengkong-Gondang-Rejoso-Tamanan-Guyangan-Madiun. “Jurusan Surabaya-Madiun biasanya macet di Bra’an Mengkreng dan Saradan,” ujar Supaad.

Untuk jurusan Surabaya-Kediri-Tulungagung-Trenggalek dengan jalur utama Surabaya-Krian-Mojokerto-Jombang-Kertosono-Kediri-Tulungagung-Trenggalek, jika macet, pemudik bisa melalui tiga jalur alternatif.

Pertama, melalui rute Surabaya-Legundi-Mlirip-Gedek-Ploso-Lengkong-Kertosono-Banjarsari-Kediri-Bandar-Catur-Kalangbret-Trenggalek. Kedua, melalui rute Surabaya-Mojokerto-Jombang-Ngrandu (Pelem)-Pelemahan-Kediri-Treggalek. Ketiga, melalui rute Surabaya-Mojokerto-Sumobito-Mojoagung-Mojowarno-Ngoro-Kandangan-Pare-Wates-Ponggok-Poluwan-Srengat-Tulungagung-Trenggalek.

Sedangkan untuk jurusan Surabaya-Pasuruan-Probolinggo-Lumajang-Jember-Banyuwangi, jika macet, pemudik bisa melalui jalur alternatif Surabaya-Pasuruan-Probolinggo-Wonorejo-Rambipuji-Balung-Ambulu-Mangli-Jember-Banyuwangi.

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Timur Wahid Wahyudi mengatakan, untuk infrastruktur jalan nasional dan jalan provinsi, diusahakan tidak ada lubang. Meski demikian, ia mengakui masih banyak jalan bergelombang. “Secara keseluruhan, jalan di Jawa Timur dalam kondisi siap dilalui,” tutur Wahid. [Asa/Edwin]

Advertisement
Advertisement