December 6, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Lihat Musang Jalan-Jalan, Warga Hong Kong Terheran-heran

2 min read
-

CENTRAL – Penampakan binatang liar menyerupai musang di bangunan apartemen kawasan Central Hong Kong siang hari kemarin (05/10) membuat banyak publik Hong Kong yang melihatnya terheran-heran. Binatang menyerupai musang tersebut nampak sedang memanjat sebuah unit outdoor AC sebuah flat di Liyuan West Street Central.

Puluhan warga yang melihat, mengabadikan binatang tersebut memakai kamera dan ponsel mereka. Tidak lama kemudian, foto dan video binatang tersebut menyebar dengan cepat di sosial media kalangan masyarakat Hong Kong. Musang tersebut berjalan dan meloncat loncat dari satu tempat ke tempat lain di gedung tersebut.

Martini, seorang BMI Hong Kong asal Kediri yang ikut menyimak hal ini juga mengemukakan keheranannya. Hanya saja, keheraanan Martini dengan keheranan penduduk Hong Kong berbeda.

“Yang membuat saya heran itu, melihat begitu saja kok sampe heboh. Polisi datang ke lokasi, labor satwa liar juga diturunkan ke lokasi. Padahal, di kampung saya, musang itu hidup bebas berkeliaran, dan hampir setiap hari bisa melihat dengan bebas” akunya.

Menyikapi hal ini, otoritas Hong Kong menurunkan AFCD, lembaga penanganan satwa ke TKP. Sebab, di Hong Kong, binatang ini dilindungi oleh Undang-Undang Perlindungan Binatang Liar (Cap 170). Sampai petang hari, AFCD tidak berhasil menemukan musang tersebut.

Seperti diberitakan oleh oriental group, AFCD menyebut, kekhawatiran dari tidak ditemukannya musang tersebut akan menyebarkan penyakit dan bisa masuk ke restoran-restoran untuk mencari makan, hingga membuat pengunjung ketakutan.

Aturan di Hong Kong, setiap orang yang mempekerjakan, dengan sengaja mengganggu, memiliki, menjual atau mengekspor dikenakan denda maksimum HK $ 100.000 dan satu tahun penjara. Para musang tersebar luas di Lantau dan pinggiran barat laut Teritori Baru. [Asa/Oriental]

Advertisement
Advertisement