December 6, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Mengapa Makan Siang Tidak Boleh Diabaikan ?

2 min read
-

Mengapa makan siang dianggap penting? Apa alasannya banyak kebudayaan di dunia memilih makan di siang hari sebagai waktu makan utama untuk sehari-hari? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Manfaat Makan Siang

Mengkonsumsi makanan pada tengah hari (beberapa jam setelah sarapan), akan mengembalikan energi pada tubuh dan menaikkan kembali kadar gula darah ketika fokus dan konsentrasi mulai menurun.

Menu makan siang, walaupun sedikit, tetap akan mengembalikan energi dan membuat anda merasa segar serta mampu untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan selanjutnya. Selain itu, mengkonsumsi makan siang juga dapat menjaga proses metabolisme untuk tetap aktif, terutama jika anda mengkonsumsi porsi yang cukup sedang serta menyiapkan camilan sehat.

Makan Siang Bagi Anak-Anak

Menurut para ahli nutrisi, makan siang bahkan dikatakan jauh lebih penting lagi bagi anak-anak usia sekolah ketimbang orang dewasa. Karena memang banyak anak yang tidak mendapatkan sarapan yang cukup baik, dan mereka juga tidak mendapatkan camilan yang sehat hingga kembali pulang ke rumah.

Karena itu, memberikan bekal makan siang dikatakan dapat memenuhi 1/3 hingga 1/2 dari asupan gizi anak sepanjang hari, dan dapat membantu mereka dalam mengikuti pelajaran di sekolah, disamping untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya secara sehat dan normal.

Apa Akibatnya Jika Tidak Makan Siang?

Sangat umum bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan atau memotong asupan kalori untuk tidak makan siang. Namun dari semua orang yang melakukan hal ini, hampir semuanya pula tidak berhasil untuk menurunkan berat badan.

Berdasarkan sebuah hasil survey yang valid, orang-orang yang secara teratur melewatkan makan siang justru memiliki bobot rata-rata yang lebih berat ketimbang mereka yang rutin mengkonsumsi menu makan siang sehat.

Hal ini karena, tidak makan siang akan membuat nafsu makan menjadi meningkat, yang akan menyebabkan orang untuk makan berlebihan atau memilih makanan-makanan yang buruk secara nilai gizi.

 

Saran Dan Pertimbangan

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan untuk makan siang dapat membantu menjaga metabolisme untuk tetap aktif dan menjaga tubuh anda tetap sehat. Kombinasi antara karbohidrat kompleks dengan protein tanpa lemak akan membentuk cadangan energi yang terkonsentrasi dan tahan lama.

Sedangkan berbagai vitamin dan mineral dalam makanan akan membuat fungsi organ dapat bekerja optimal yang memang anda butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu, tidak ada salahnya jika anda mencari-cari resep menu makan siang yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh anda.

Itulah tadi penjelasan yang dapat saya berikan mengenai alasan mengapa makan siang sangat penting dan tidak boleh anda lewatkan. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman betapa pentingnya mengkonsumsi makan siang bagi kesehatan tubuh kita. (*) dihimpun dari berbagai sumber

Advertisement
Advertisement