July 3, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Stok Logistik Pengungsi Sinabung Menipis, Sebagian Habis

1 min read

KARO – Badan Penanggulangan Bencana Daerah ‎(BPBD) Karo menyebutkan stok logistik bagi warga dan pengungsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara sudah menipis. Bahkan, beberapa diantaranya sudah habis.  Namun hingga kini belum ada penambahan logistik dari pihak terkait.

“BPBD Karo saat ini sangat kehabisan stok logistik, seperti obat tetes mata dan masker, dan stok makanan juga menipis, hanya cukup untuk satu dua hari kedepan.” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Karo‎, Natanail Perangin-angin, Kamis (3/8/2017).

‎Dia menuturkan, selain kekurangan stok logistik di posko pengungsian ternyata juga mengalami kekurangan dana operasional untuk reaksi cepat penanganan bencana bagi masyarakat atas dampak aktivitas Gunung Sinabung.

“Kekurangan juga dana siap pakai untuk penanganan pengungsi atau pemenuhan kebutuhan dasar yang di posko. Seperti biaya penyiraman abu vulkanik, transportasi anak sekolah pengungsi, penjagaan portal zona merah‎,” tutur dia.

‎Disebutkannya, kekurangan pasokan logistik sudah terjadi sejak bulan Febuari 2017 lalu. Seluruh bantuan stok logistik bagi pengungsi dan warga berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Bantuan dari donatur telah berhenti sejak lama.

“(Dana) belum turun sejak Februari 2017. Kami harapkan dukungan yang tiada jemu dari BNPB selaku orang tua kandung kami,” harapnya. [Asa/fir/PSU]

Advertisement
Advertisement