May 17, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Tahukah Kamu, Hobi Selfie Bisa Hasilkan Uang ?

3 min read

Perkembangan teknologi gadget yang dilengkapi dengan fitur kamera membuat penggunanyaa semakin mudah mendokumentasikan setiap peristiwa yang ditemuinya. Setiap momen yang dirasa berharga, dengan gadget canggih mudah sekali untuk direkam kemudian dibagikan ke teman-teman. Swa Foto atau yang lebih populer disebut dengan istilah foto selfie, jika merujuk pada keilmuan fotografi, merupakan cara untuk mengatasi ketiadaan fotografer agar subjek tetap bisa terdokumentasikan.

Dari sisi teknologi fotografi, teknologi swa foto telah sejak era tahun 80-an akhir, dimana pada saat itu perkembangan teknologi kamera mulai dilengkapi dengan fitur self timer. Meski tidak secanggih sekarang, faktanya, mulai saat itu, ribuan foto telah dihasilkan dari fitur self timer ini.

Perkembangan teknologi digital, bukan saja semakin memanjakan, akan tetapi juga semakin memudahkan pengguna kamera digital baik kamera konvensional maupun kamera yang numpang di gadget lainnya seperti ponsel pintar untuk berasyik ria dengan hobi swa foto. Dual layer- dual lens merupakan teknologi yang saat ini paling uptodate.

Temans, Tahukan anda, jika hobi swa foto itu bisa mendatangkan pundi-pundi uang ? Akun populer sosial media seperti Instagram @awkarin, @anyageraldine, dan selebgram lainnya merupakan contoh dari swa foto bisa mendatangkan uang.  Kok bisa ?

Terlepas dari desas-desus yang mereka buat, kalau diperhatikan cara mereka berpose di instagram sangatlah menarik. Mereka mendesain foto dengan cara-cara yang menarik. Entah karena memang mereka sudah cantik, atau di dalam fotonya mereka tambahkan fitur pengeditan. Atau mereka mengatur feed Instagram sedemikian rupa.

Dengan begitulah, mereka bisa dikenal oleh banyak orang. Walau pun kita tidak tahu mereka di dunia nyata. Tapi begitu kita sebut namanya, kita sudah bisa tahu yang mana orangnya. Mereka memanfaatkan ketenaran mereka dengan berkecimpung di dunia bisnis juga loh ternyata.

Pasti kalian sering lihat bukan? Seberapa sering mereka mengunggah untuk mempromosikan suatu bisnis tertentu? Atau mereka menggunakan barang-barang orang lain untuk dipromosikan bisnisnya oleh mereka. Hal ini yang biasa disebut dengan ‘endorsement’.

Endorsment merupakan suatu bisnis mempromosikan sesuatu dengan menunjukkan barang si penjual kepada khalayak melalui media. Tarif untuk endorsement ini bermacam-macam. Ada yang Rp 100 ribu bahkan ada yang bernilai jutaan rupiah. Menarik bukan?

Tertarik kepingin mengikuti jejak selebgram ? Simak tips berikut ini :

  1. Foto yang Menarik

Ketika kita mempunyai gaya foto yang menarik. Maka akan menimbulkan keeksistensian kita di dunia maya. Dengan memberikan banyak like, comment, atau jadi banyak orang yang memfollow kita.

 

  1. Atur Feed Semenarik Mungkin

Mengapa perlu mengatur feed? Ketika kita mengatur feed dengan menarik, maka banyak orang yang akan memperhatikan gaya kita meletakkan foto-foto di Instagram. Bisa dengan tema. Misalnya menggunakan feed bingkai putih, gothic, atau selingan quotes-quotes yang menarik.

  1. Caption yang Berbeda

Tidak lengkap upload foto jika tidak ada captionnya. Ketika kita bisa membuat caption yang berbeda dengan yang lain, entah dengan quotes, puisi, atau apapun orang cenderung akan memperhatikan caption Anda juga selain foto Anda.

 

Ketika kita sudah memperhatikan ketiga prosedur diatas. Pastinya kita sudah mempunyai akun yang ‘Instagrammable’ banget. Hal ini yang nantinya bisa men’track’ followers Anda. Sehingga hal ini juga bisa menimbulkan, para pemilik akun online shop tertarik untuk menjadikan Anda sebagai partner endorsement mereka dengan produk-produk mereka. Ketika mereka melihat pengikut Anda sudah banyak, banyak orang yang menyukai Anda, memberikan comment dan like. Maka akan semakin banyak kesempatan untuk Anda menjadi wadah bisnis Endorsment mereka. [Asa/dihumpin dari berbagai sumber]

Advertisement
Advertisement