November 29, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Trauma Healing Sedang Di Bangun Di TKI Centre

1 min read
-

BANDUNG – Jumlah BMI yang pulang bulan saja membutuhkan perawatan fisik, melainkan memerlukan perawatan trauma psikologis kian waktu kian bertambah. Mereka yang mengalami kekerasan fisik, banyak yang kemudian diikuti dengan kondisi traumatik yang memerlukan perawatan. Terlebih lagi mereka yang mendapatkan kekerasan psikis, kondisi traumatiknya jarang mendapat perhatian.

Sering muncul di pemberitaan media baik lokal maupun nasional, mantan BMI ditemukan dalam kondisi depresi, dan kehidupan yang memilukan hati di kampung halamannya. Keyataan seperti inilah, yang kemudian melatarbelakangi pemprov Jawa Barat uuntuk melengkapi TKI Centre nya dengan poly psikologi .

BMI Ini Trauma Berat, Lihat Orang Lompat Dari Lantai 13

Gubernur Jabar, A Heriawan atau yang akrab disapa Kang Aher, menyatakan didepan awak media, proses pembangunan poly psikologi saat ini sudah mendekati selesai. Diharapkan akhir tahun ini sudah bisa dioperasikan.

TKI Centre yang dilengkapi poly psikologi milik Pemprov Jawa Barat ini terletak di kawasan Leuwipanjang Bandung Jawa Barat.

Disamping poly psikologi yang berfungsi sebagai trauma healing, di TKI centre ini sekaligus juga menyediakan balai latihan kerja luar negeri untum warga Jabar. Keberadaan poly psikologi, selain memberikan trauma healing, nantinya juga akan menjadi bagian yang melakukan tes kelayakan psikologi bagi seorang calon BMI. [Asa/TR]

Advertisement
Advertisement