Prime banner

ApakabarOnline.com – Insiden bayi jatuh dari tempat tidur, sering sekali terjadi di berbagai belahan bumi ini. Mengasuh bayi bukan perkara santai sehingga si pengasuh baik ibu maupun baby sitter cenderung dalam suasana lelah. Suasana lelah inilah seringkali menjadi pemicu lengah dengan sistem keamanan untuk bayi saat tidur di tempat tidurnya.

Namun demikian, meskipun si pengasuh sudah selalu waspada, yang namanya “apes” memang tidak bisa diduga dan ditolak kedatangannya.

Jika bayi yang terjatuh merupakan bayi majikan, tentu hal ini menyebabkan kepanikan tersendiri bagi pengasuhnya meskipun bayi tersebut bukan darah dagingnya. Pasalnya, diluar unsur insting pedagogik seorang perempuan, kegelisahan akan diperkarakan, mutlak membayangi si pengasuh bayi majikan.

Memang tak jarang, karena persoalan bayi majikan terjatuh dari tempat tidurnya, seorang pengasuh harus mendekam dalam sel tahanan.

Nah, jika didepan mata, entah sebagai pengasuh maupun sebagai ibu, atau sebagai yang melihat seorang bayi jatuh dari tempat tidurnya, apa yang sebaiknya kita lakukan ?

Situs kesehatan Dokter Sehat mengingatkan, Hati-hati jangan langsung menggendong bayi anda yang Cerdas terjatuh! Pastikan dulu bagaimana kondisinya!

Pasalnya, Usia bayi adalah masa rawan terjadi kecelakaan. Saat ia belajar berguling umpamanya dan orangtua lengah, ia bisa saja terjatuh dari tempat tidur.

Untuk itulah manajemen penanganan kasus bayi terjatuh amat diperlukan. Yang pasti, saat si kecil terjatuh, jangan hanya mengkhawatirkan bagian kepala saja, karena semua anggota tubuhnya memiliki risiko yang sama untuk mengalami benturan yang dapat membahayakannya.

Life Healthy, dalam laman resminya menyarankan, jika menghadapi bayi jatuh dari tempat tidur, sebaiknya jangan panik, Ini Pertolongan Pertama Saat Bayi Terjatuh dari Tempat Tidur :

  • Penting sekali untuk tahu kapan Anda butuh penanganan dokter atau bidan dengan segera dalam kondisi seperti ini. Jika seusai si kecil jatuh dan ia menangis, tetapi tetap dalam kondisi sadar, maka Anda bisa lebih tenang.
  • Apabila saat si kecil terjatuh dan tak ada luka atau memar sedikit pun, silahkan Anda cukup hibur si kecil.
  • Peristiwa jatuh tersebut pastinya akan membuat bayi Anda merasa takut dan kaget. Sambil menghibur dan mengajak bercanda, periksalah kembali kepala bayi Anda untuk memastikan bahwa ia tak alami luka.
  • Selain hal tersebut, apabila sang bayi terjatuh dari tempat tidur atau pun dari mana pun dan terdapat luka atau goresan, maka hal yang bisa Anda lakukan adalah segera mengobati lukanya. Cuci tangan Anda terlebih dulu, lalu basuh darah dan kotoron yang ada pada luka si kecil. Anda bisa menggunakan kasa kering steril dan tepuk – tepuk dengan lembut bagian luka. Ini bertujuan unutk menekan pendarahan yang terjadi. Akan tetapi, jika pendarahan tak berhenti, tekan kasa tersebut agak kuat kurang lebih selama 5 menit. Kemudian oleskan salep anti bakteri, seperti neosporin atau pun bicatracin untuk cegah infeksi terjadi.
  • Apabila lukanya membuat kepala atau pun bagian tubuh lain alami pembengkakan, maka Anda bisa mengkompres bagian tersebut dengan es yang sudah dibungkus dengan kain bersih.
  • Bila setelah terjatuh bayi Anda tak sadarkan diri atau tak bisa terbangun maupun bergerak, maka jangan langsung memindahkan posisi bayi Anda, kecuali bila bayi Anda dalam kondisi bahaya. Terlepas dari hal tersebut, bayi yang tak sadarkan diri sangat perlu penanganan medis sesegera mungkin, sebab keadaan ini adalah keadaan darurat.
  • Jika muntah atau kejang – kejang setelah bayi Anda terjatuh, silahkan miringkan tubuh si kecil dan pastikan lehernya dalam keadaan tetap lurus. Lalu segera hubungi dokter.

 

Supaya bayi tidak sampai jatuh dari tempat tidur, ssimak langkah-langkah berikut ini :

  • Jangan tinggalkan bayi Anda tanpa pengawasan orang dewasa.
  • Ketika mengendong bayi, silahkan perhatikan posisi kaki Anda. Bayi Anda bisa saja terjatuh ketika digendong, misalnya saja saat Anda tak sengaja menginjak mainannya dan terjatuh.
  • Gunakan tempat tidur khusus bayi. Selain beresiko untuk jatuh, tempat tidur dewasa ini juga bisa membuatnya terperangkap diantara tempat tidur dan dinding maupun tempat tidur dengan objek lain. Tempat tidur orang dewasa juga sering tak penuhi kriteria pas untuk tidur yang aman dan nyaman bagi bayi, seperti kasur yang terlalu ketat.

Semoga bermanfaat. Dihimpun dari berbagai sumber. [Asa]

 

 

 

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner