Prime banner

Kecenderungan banyak rumah tangga memperkerjakan PPRT asing yang sudah pernah menjadi PRT diluar negara asalnya menjadi semakin populer di Singapura. Ada beberapa alasan mengapa kebanyakan memilih untuk mencari pekerja rumah tangga yang sebelumnya pernah menjadi PRT daripada yang baru, termasuk waktu pelatihan yang lebih sedikit, biaya pelayan yang lebih murah, dan kemampuan untuk menyewa dari sumber yang terpercaya.

Baru-baru ini, The Independent mempublikasikan hasil surveynya mengenai hal tersebut. Mereka memperoleh beberapa poin penting, yang menjawab pertanyaan kenapa kebanyakan rumah tangga cenderung memilih PRT yang eks ketimbang pendatang baru. Survey ini dilakukan di Singapura pada beberapa waktu yang lalu. Berikut hasilnya :

 

Biaya dan biaya agen yang lebih murah

Salah satu alasan utama mengapa orang Singapura tertarik untuk mempekerjakan pekerja rumah tangga asing adalah bahwa harganya jauh lebih murah. Mempekerjakan PRT asing baru dapat dikenakan biaya sebesar $ 2.000 untuk biaya agen pembantu , sementara pekerja rumah tangga transfer (pindahan dari majkan lain) hanya akan mengembalikan biaya sekitar S $ 400. Biaya yang lebih murah berasal dari tidak harus mengangkut pekerja baru ke luar negeri, tidak perlu membayar ujian medis dan sesi pelatihan yang lebih singkat. Selain itu, majikan bisa meluangkan sedikit waktu untuk bekerja untuk melatihnya-kecuali majikan ingin melatih PRTnya dari nol-karena pekerja tersebut sudah memiliki pengalaman kerja di rumah tangga Singapura.

Majikan  bisa menjaring dari sumber terpercaya

Keuntungan lain dari mempekerjakan langsung PRT pindahan majikan, secara langsung adalah majikan baru dapat memanfaatkan jaringan pertemanannya untuk menjaring seorang pekerja dari sumber yang terpercaya, menghindari agen pembantu sepenuhnya. Karena  tidak melalui agen, majikan baru akan bisa melakukan pemeriksaan yang lebih menyeluruh. Misalnya, dapat meminta untuk membiarkan dia diwawancarai di rumah bersama anggota keluarga lainnya, lihat bagaimana dia melakukan tugas tertentu dan menerima umpan balik yang tulus atas kekuatan dan kelemahannya. Tidak seperti agen pembantu yang peduli menghasilkan laba, berbicara dengan seseorang yang bisa dipercaya akan memberi  ulasan yang lebih jujur ​​tentang pekerja yang sedang di minati untuk direkrut. Selain itu, majikan memiliki akses ke situs web Kementerian Ketenagakerjaan di mana dapat melihat catatan pekerjaan sebelumnya dari pekerja rumah tangga.

Adaptasi yang mudah

Jika majikan mencari PRT yang bisa berbicara dengan bahasa sehari-hari majikan dan menyesuaikan diri dengan standar Singapura, PRT langsung dapat menyesuaikan diri serta beradaptasi lebih tepat menjadi lebih mudah. Sejak PRT pindahan telah bekerja di Singapura, kemungkinan besar mereka akan mengalami shock culture, memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai standar dan budaya Singapura dan memiliki pemahaman bahasa yang lebih baik.

Waktu mulai lebih cepat

Merekrut PRT Asing pindahan, dari sisi waktu untuk memproses administrasi serta legalitas kontrak jauh lebih cepat dan lebih murah.

 

Meskipun majikan lazimnya akan membayar PRT asing ppindahan dengan gaji sedikit diatas gaji PRT pendatang baru, namun kepuasan bekerja yang potensial diberikan, tidak akan membuat majikan merasa mengeluarkan biaya mahal untuk PRT barunya. [Asa/The Independent]

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner