Prime banner

Belum banyak yang mengetahui eksotika pulau kosong yang berstatus Cagar Alam ini. Awal mula pulau ini dijamah oleh manusia, kepentingan mereka selain untuk eksploitasi sumber daya alamnya adalah kepentingan konservasi dan penelitian yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Banyak peneliti dan aktifis lingkungan memberi predikat pulau ini sebagai pulau pendidikan. Bagaimana tidak, jika kekayaan yang ada di pulau ini banyak sekali yang masuk kategori langka di pulau lainnya khususnya pulau Jawa sebagai pulau terdekat.

Lantas, apa saja yang bisa dijumpai di pulau yang letaknya di seberang pantai sendang biru kabupaten malang ini ? Rerimbunan hutan hujan tropis dengan aneka vegetasi liar merupakan penyejuk udara dan hati bagi siapa saja yang memasukinya. Bentang pantai berpagar pulau karang di pesisir selatan merupakan surga bagi penyuka suasana ala Bob Marley. Beningnya air danau tawar dan danau payau menggoda siapa saja untuk berenang mengarunginya.

Jalur wisata di pulau sempu ini terbentang dari ujung barat pulau hingga ujung timur pulau. Lazimnya, pengunjung memulai petualangannya melalui jalur timur, dimana kapal yang mengantar akan bersandar di pantai waru. Dari pantai ini, jalan setapak diantara rerimbunan hutan belukar tampak terpampang jelas. Bahkan, rambu penunjuk arahpun terdapat di hampir setiap 100 meter sekali.

Beberapa puluh menit berjalan kaki meninggalkan pantai waru, anda akan bertemu dengan sebuah telaga berair tawar. Telaga ini dinamakan telaga lele. Di pinggiran telaga ini terdapat camping ground yang sangat nyaman.

Bergeser beberapa ratus meter dari telaga lele, kita akan bertemu dengan telaga sat. Disebut telaga sat lantaran telaga ini hanyalah sebuah kubangan berlumpur saja. Dari telaga sat, memandang luruh beberapa belas meter kita akan disambut dengan telaga dara. Di telaga ini banyak dijumpai beberapa jenis aves yang menggantungkan kebutuhan makanannya dari ikan yang terdapat di dalamnya. Selain aves, kelompok macaca juga banyak sekali terdapat di tempat ini. Di pinggiran telaga, jika kita cermat mengamati, terdapat banyak sekali bekas tapak kaki berbagai satwa liar yang datang dan pergi dari telaga ini untuk kepentingan minum.

Meninggalkan telaga dara, suara debur ombak laut selatan semakin jelas terdengar di telinga. Setelah menuruni sebuah tebing karang, kita akan bertemu dengan dua pantai yang ukuran dan suasananya hampir sama. Pantai ini dinamai pantai kembar. Pantai kembar terkenal kurang nyaman untuk dijadikan tempat menginap lantaran pantulan bunyi ombak yang terlalu keras di telinga. Pantai yang paling nyaman bahkan oleh para penyukanya sering digelari sebagai panta Bob Marley adalah pantai pasir panjang. Di pantai ini, selain hamparan pasirnya yang putih, ketersediaan lahan untuk dijadikan camping ground juga sangat aman dan nyaman.

Meninggalkan pantai pasir panjang, setelah meleeati beberapa punggunung bukit karang, kita akan berjumpa dengan maskotnya objek wisata pulau sempu. Sebuah laguna berair payau, memiliki pantai dengan serpihan halus pasir putihnya, biru warna airnya, seringkali menggoda siapa saja untuk berenang-renang di tempat ini. Foto venue di tempat ini sangat memukau. Kontras langit, laut dan hutan sangat tajam. Hingga banyak sekali fotografer yang menghabiskan ratusan shutter agar bisa membawa pulang sebanyak-banyaknya kenangan di laguna segara anakan. Meninggalkan segara anakan, ujung barat dari jalur wisata pulau ini kita temui. Di ujung barat ini terdapat tempat sandar perahu di teluk awar-awar. Dari teluk ini, perahu yang kita sewa sudah siap menjemput untuk membawa kita pulang kembali ke pulau jawa.

Rute untuk menuju pulau sempu dari arah kota malang anda bisa menumpang bis jurusan Dampit – Lumajang turun di pasar Turen. Dari pasar Turen anda melanjutkan perjalanan darat dengan mikrolet jurusan Sendang Biru. Dari Pantai Sendang Biru, setelah mengurus ijin masuk di kantor BKSDA Resort Sempu, perjalanan dilanjutkan dengan menumpang perahu nelayan. Lama perjalanan diatas perahu tak kurang dari 15 menit saja. Bisa minta pada pengantar untuk masuk dari pintu barat dan dijemput di pintu timur atau sebaliknya. Selamat berwisata. [ASA]

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner Iklan banner