December 6, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

0,5 Milyar Rupiah Didonasikan Senator Ini Untuk Kepentingan Domestic Worker

2 min read
-

SINGAPURA – Ketua Parlemen Singapura,  Tan Chuan-Jin berhasil mendonasikan dana segar sebesar SGD 50.000 aatau setara dengan setengah Milyar Rupiah untuk kepentingan penanganan pekerja rumah tangga bermasalah. Dikutip dari laman facebooknya, Tan Chuan-Jin mendapatkan dana ini dari hasil melelang hasil karyanya berupa foto.

Publik Singapura mengenal Tan Chuan-Jin sebagai seorang pemghobi fotografi yang karyanya tidak diragukan lagi. Melalui laman Facebooknya, Tan Chuan-Jin mengumumkan niatnya melelang 5 foto karyanya. Setelah melalui sekian proses, akhirnya, dicapai kesepakatan, kelima foto tersebut laku terjual senilai SGD 50 ribu.

 

Baca : [Di Tangan CDE, 83% Kasus PMI Yang Masuk Berhasil Diselesaikan ]

 

Uang tersebut, oleh Tan Chuan-Jin didonasikan melalui CDE (Centre for Domestic Employees) sebuah lembaga non profit yang konsern dalam permasalahan pekerja demistik asing di Singapura.  Tan berharap, dana yang didonasikan melalui CDE akan bermanfaat untuk domestic helper di Singapura.

Kepedulian Tan terhadap domestic helper di Singapura bukan lantaran karena target sensasi dan pencitraan. Menurut Tan, keberadaan domestic helper di Singapura memiliki peran sangat penting bagi perjalanan negara berlambang kepala singa ini. Dalam dialog di komentar akun Facebooknya, Tan menyebut, tanpa peran domestic helper, tidak mungkin Singapura akan sepesat sekarrang kemajuannya.

 

Baca : [Takut Kehilangan Pekerjaan, PMI Singapura Memilih Pasrah ]

 

Disampping dari Tan, CDE pada beberapa hari sebelumnya juga menerima amanat untuk mengelola dana sosial yang peruntukannya untuk penanganan domestic helper dari sebuah event penggalangan dana yang berhasil mengumpulkan total SGD 185 ribu.

Dikutip dari harian Straith Times, Direktur Eksekutif CDE Shamsul Kamar berharap dana ini akan meningkatkan kekuatan kerja mereka setidaknya untuk setahun kedepan dalam menangani permasalahan domestic helper di Singapura. [Asa/ST]

Advertisement
Advertisement