November 29, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

6 Minuman Ini Wajib Dikonsumsi Setiap Pagi

3 min read
-

Setelah semalaman perut kosong dan tidak terisi apa-apa, ada baiknya jika kamu mengisi perut dengan minuman. Dari pada makanan, minuman lebih dibutuhkan karena tubuhmu pasti mengalami dehidrasi setelah berjam-jam tidak minum. Rutinitas pagi hari dimulai dengan asupan minuman yang baik dan bisa menyegarkan sekaligus membuang racun dan zat sisa di dalam.

Mengkonsumsi minuman saat bangun tidur juga bermanfaat bisa meningkatkan mood dan fungsi kognitif. Salah mengkonsumsi minuman saat pagi hari, bisa mempengaruhi aktifitas sepanjang hari. Namun, minuman apa yang baik diminum ketika pagi hari?

 

Air putih

Air putih pastinya minuman terbaik untuk membersihkan tubuh dan menggantikan cairan dalam tubuh yang hilang. Minum air putih bisa mempercepat metabolisme di pagi hari sebesar 25 persen. Minum paling tidak 2 gelas air atau sekitar 500 ml.

 

 

Teh Hangat

Secangkir teh hangat kaya antioksidan mampu menstimulasi metabolisme serta mampu meningkatkan imun tubuh, menurunkan kolesterol dan membantu menjaga berat badan. Ini sangat baik untuk membersihkan usus dan menghangatkan tubuh, serta membuat makin melek.

Air putih memang sangat bagus bagi tubuh, namun adakalanya minum minuman herbal lainnya juga dapat memberikan efek kesehatan bagi tubuh sebelum memulai dengan sarapan.

 

Jahe Merah Hangat

Dengan kandungan atsiri diatas 3%, serta kandungan vitamin C berkualitas tinggi, Jahe merah sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai minuman kesehatan di pagi hari. Pasalnya, kandungan magnesium serta vitamin C yang dimiliki jahe merah akan menjaga kelancaran peredaran darah untuk seharian.

Diantara puluhan manfaatnya, jahe merah juga mampu membakar kelebihan kalori sehingga tubuh senantiasa terjaga kelangsingannya. Banyak orang yang memilih jenis minuman ini sebagai menu diet untuk menurunkan berat badan. Tidak seperti obat-obatan farmasi yang bereaksi dalam waktu singkat, jahe merah terbukti mamppu menurunkan berat badan hingga 10 kilo dalam 6 bulan.

 

 

Kopi Panas

Minum kopi di pagi hari, diyakini mampu meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan produktifitas kognitif serta meningkatkan mood positif. Kandungan Kafein yang ada didalamnya bisa menghindarkan kita dari rasa ngantuk dan malas.

Hal yang harus diperhatikan, tidak setiap orang boleh meminum kopi. Terlebih lagi di pagi hari. Minum kopi hanya booleh dilakukan oleh orang yang sehat pencernaannya. Dan sebaiknya, kopi diminum saat perut sudah terisi meskipun hanya sepotong roti.

 

Susu Hangat

Kandungan susu antara lain ialah kalsium, vitamin, zat besi, di mana manfaatnya akan menetralisir racun, memperbaiki tekanan darah dan memberikan warna kulit yang cerah. Nggak hanya itu saja, susu pun dapat mencegah penuaan dini.

Susu ada banyak jenisnya. Ada susu kedelai, maupuun susu hewani lainnya seperti sapi, kuda, kambing bahkan susu unta. Apapun jenis susunya, secara umum, ada kesamaan kandungan dan manfaatnya.

 

Air lemon

Air lemon hangat atau pun dingin mampu memberi asupan vitamin dan mineral yang menyegarkan tubuh. Kamu juga bisa lebih melek setelah minum sesuatu yang asam dan segar seperti lemon. Air lemon segar baik mengganti elektrolit tubuh yang hilang selama tidur, membersihkan usus, meredakan nyeri sendi dan kram otot.

Namun, alangkah baiknya jika memilih air lemon hangat untuk diiminum di pagi hari untuk menyesuaikan dengan kondisi panas tubuh dan pencernaan. Banyak orang yang mengeluh akan merasakan mual jika pada ppagi hari mengkonsumsi minuman dingin, namun banyak pula yang mengaku biasa-biasa saja dengan pencernaannya usai mengkonsumsi minuman dingin. Dihimpun dari berbagai sumber.[Asa]

Advertisement
Advertisement