November 29, 2021

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Agar Tak Salah Arah, Begini Cara Mengatasi Anak Keras Kepala

2 min read
-

ApakabarOnline.com – Setiap anak memiliki sifat dan karakter yang berbeda, semakin bertambah usia biasanya akan terlihat sifat aslinya terutama masa pubertas.

Bagi anak yang sudah berusia 6-9 tahun biasanya sudah memiliki beberapa keinginan.

Sehingga orang tua harus bisa memberi arahan agar anak bisa mendengarkan.

Akan tetapi ada anak yang memang keras kepala, sehingga orang tua harus bisa mengetahui dan menangani anak yang keras kepala.

Salah satunya yaitu dengan cara bertutur kata yang lembut, beri pemahanan dan perhatian penuh. Dan ada beberapa tips untuk mengatasi anak yang keras kepala ini diantaranya:

 

  1. Dengarkan Pendapatnya Jangan Sampai Berdebat

Komunikasi merupakan kunci menangani anak keras kepala, jangan sampai berdebat sehingga orang tua harus bisa mendengarkan pendapat mereka.

Dengarkan keinginan anak dan tidak harus selalu mengiyakan semua keinginannya. Setelah mendengarkan pendapat anak berikan beberapa pendapat agar anak memiliki pengertian , tidak melanggar dan tidak mudah emosi.

 

  1. Jangan Paksa Anak

Orang tua tidak boleh memaksakan keinginan anak, sebaliknya orang tua harus menasehati dengan cara mendekati, ajak bicara tentang kegiatan sehari-hari.

 

  1. Beri Beberapa Pilihan

Ketika anak mulai keras kepala maka pastikan orang tua bisa mendengarkan terlebih dahulu. Jika anak tetap kokoh maka berilah beberapa pilihan.

Orang tua harus tegas dan tidak boleh mengiyakan semua keinginannya.

 

  1. Beri Aturan dan Hukuman

Orang tua harus tegas dan tidak boleh ragu memberi aturan, jika dilanggar anak harus mendapatkan hukumannya.

 

  1. Ajak Anak Berdiskusi

Ajarkan anak untuk berdiskusi, bisa dengan cara melakukan negosiasi, tawar-menawar. Lakukan komunikasi yang baik dengan anak, seperti mendiskusikan hal kecil apa yang anak inginkan dan yang anak pilih. []

Penulis Rosmawati

Advertisement
Advertisement