August 12, 2022

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Agar Tidak Meleset, Tidak Berpindah-Pindah dan Anteng, Begini Cara Share Lokasi Melalui Whatsapp

2 min read
Tangkapan layar google map

Tangkapan layar google map

JAKARTA – Aplikasi perpesanan WhatsApp telah menjadi bagian dari keseharian kita. Berbagai antivitas kita bisa ditunjang oleh aplikasi tersebut, mulai dari mengirim pesan tertulis, video, pesan suara hingga telepon dan video call.

Karena itulah WhatsApp terus mengembangkan fitur dalam aplikasi tersebut agar semakin bisa memenuhi kebutuhan penggunanya.

Salah satu fitur yang dikembangkan adalah layanan berbagi lokasi dengan pengguna lainnya. Fitur ini berguna bagi Anda yang ingin menuju suati lokasi, termasuk juga untuk aktivitas belanja onling.

Oleh karena itu, untuk memudahkan urusan tersebut dan agar Anda tidak salah alamat ke rumah orang lain, aplikasi WhatsApp hadir dengan fitur untuk berbagai lokasi terkini (live location sharing).

Dengan fitur ini, Anda dapat mengabari kolega Anda mengenai posisi teraktual Anda dengan akurasi yang cukup baik.

Selain itu, Anda tidak perlu khawatir kalau fitur ini meretas lokasi privasi Anda. Sebab, fitur ini mengizinkan Anda untuk mengatur durasi pembagian lokasi dan Anda juga dapat menghentikannya kapan saja Anda inginkan.

Setelah Anda berhenti berbagi, lokasi Anda akan langsung kedaluwarsa dan orang lain tidak akan tahu lokasi Anda saat ini.

 

Bagaimana Cara Berbagi Lokasi Terkini?

  • Aktifkan izin lokasi di WhatsApp. Biasanya Anda dapat mengaktifkannya melalui Pengaturan -> Aplikasi dan Notifikasi -> Pengaturan Lanjutan -> Lokasi -> klik pada aplikasi WhatsApp. Selain itu, cara sederhana untuk mengaktifkan izin lokasi adalah dengan langsung menyalakan layanan lokasi peta di Google Maps Anda.
  • Buka chat pribadi atau grup di WhatsApp Anda.
  • Kemudian, klik “Lampiran” yang disimbolkan dengan klip kertas. Lalu, pilih “Lokasi” dan klik “Bagikan lokasi langsung”.
  • Setelah itu, pilih durasi Waktu yang Anda inginkan untuk berbagi lokasi terkini. Lokasi Anda langsung akan berhenti dibagikan setelah jangka waktu yang dipilih sudah usai.
  • Terakhir, tekan “Kirim” pada chat pribadi atau grup.

 

Bagaimana Cara Berhenti Berbagi Lokasi

  • Buka chat pribadi atau grup yang Anda kirimkan lokasi terkini.
  • Tekan “Berhenti berbagi”
  • Dengan Anda menekan “Berhenti berbagi”, maka teman Anda tidak akan mengetahui lagi lokasi terkini Anda melalui WhatsApp. []
Advertisement
Advertisement