July 20, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Amalan yang Paling Banyak Membuat Manusia Masuk Surga

2 min read

JAKARTA – Dari banyaknya amalan yang dapat menjadi penyebab seseorang masuk surga, ada dua amalan yang memudahkan kita menjadi ahli surga. Bagi sebagian orang, amalan ini mungkin berat, tetapi ganjarannya surga.

Berikut kedua amalan tersebut, dilansir dari Sindonesw.com.

 

  1. Berakhlak Mulia (Akhlaqul Kariim)

Amalan yang paling banyak membuat orang masuk surga adalah akhlak mulia (akhlaqul karimah). Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Yang paling banyak memasukkan ke surga adalah takwa kepada Allah dan akhlak yang mulia.” (HR At-Tirmidzi, Ibnu Maajah dan Al-Hakim).

Ada apa dengan takwa dan akhlak, sehingga Rasul seakan membatasi amal saleh yang memasukkan ke surga pada dua amalan tersebut.

Mengutip Kompasiana.com, jawaban atas tanda tanya tersebut dijelaskan oleh Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam kitabnya Al-Fawaid. Beliau jelaskan bahwa, ”takwa kepada Allah (taqwallah) menjaga hubungan seorang hamba dengan Rabb-nya, sedangkan akhlak baik (husnul khuluq) menjaga hubungan seorang hamba dengan sesama”.

Hal itu dikarenakan akhlak mulia merupakan timbangan amal baik paling berat. Dari Abu Darda’, Nabi SAW bersabda:

“Tidak ada sesuatu amalan yang jika diletakkan dalam timbangan lebih berat dari akhlak yang mulia. Sesungguhnya orang yang berakhlak mulia bisa menggapai derajat orang yang rajin puasa dan rajin salat.” (HR at-Tirmidzi).

Riwayat lain dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

“Orang Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya.” (HR. Abu Daud 4682 dan Ibnu Majah 1162).

 

  1. Berbakti Kepada Orangtua (Birrul Walidain)

Selain akhlak mulia, amalan yang memudahkan seseorang masuk surga adalah berbakti kepada kedua orangtua (birrul walidain). Mari kita simak firman Allah berikut:

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) terhadap kedua orang tuanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah, bahkan menyusukan pula selama kurang lebih 2 tahun. Maka dari itu bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu, hanya kepada-Ku sajalah tempat kamu kembali.” (QS Luqman [31]: 15).

Orang tua merupakan pintu surga. Abu Darda mengatakan, Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

“Orang tua merupakan pintu surga paling pertengahan, jika engkau mampu maka tetapilah atau jagalah pintu tersebut.” (HR. Ahmad, at-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban).

Dalam riwayat lain, berbuat baik kepada kedua orang tua adalah amalan yang dicintai Allah. Dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu ‘anhu: Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, “Amalan apakah yang paling dicintai oleh Allah?” Rasulullah menjawab: “Salat pada (awal) waktunya. Kemudian apa lagi? Nabi menjawab lagi, berbakti kepada kedua orang tua. Aku bertanya lagi. Kemudian apa lagi? Kemudian jihad fi Sabilillah.” (HR Al- Bukhari, Muslim, Ahmad, dan Nasai).  []

Advertisement
Advertisement