July 24, 2024

Portal Berita Pekerja Migran Indonesia

Amalkan Dzikir Berikut Ini Untuk Membuka Pintu Rezeki dan Mengusir Kesulitan

2 min read

JAKARTA – Berzikir merupakan salah satu ikhtiar agar dimudahkan dalam mencari rezeki. Rezeki dalam hal ini tidak hanya melulu uang atau harta. Allah memberikan rezeki yang bentuknya beragam. Bisa saja berbentuk kesehatan, hingga kelancaran melaksanakan pekerjaan atau belajar.

Dikutip dari Republika.co.id, ada sejumlah zikir yang baik dilafalkan terutama di waktu subuh. Ini bisa membuka pintu dan kelimpahan rezeki bagi kaum Muslimin.

Di antara zikir tersebut, menurut  Abu Bakar Syatha dalam kitab I’anat at-Thalibin, adalah sebagai berikut:

“Laa ilaha illallaahul malikul-haqqul mubin. Subhanallahi wa bihamdihi subhanallahil ‘adzim, astaghfirullah,”.

Artinya: “Tidak ada Tuhan selain Allah Yang Mahamenguasai, Mahabenar, dan Mahamenjelaskan. Mahasuci Allah dan segala puji bagi-Nya. Mahasuci Allah yang Mahaagung, aku memohon ampun padaMu,”.

Dalam penjelasannya, Abu Bakar Syatha menganjurkan agar zikir ini diucapkan sebanyak seratus kali di waktu subuh. Dalam berbagai literatur hadis pun banyak diriwayatkan mengenai keutamaan zikir ini sebagai pembuka rezeki.

Dilansir dari Detik.com, zikir pembuka rezeki lainnya adalah:

Allahumma innii as’aluka ‘ilman naafi’aa, wa rizqon thoyyiibaa, wa’amala mutaqobbalaa.

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang halal, dan amal yang diterima.

Doa ini diambil dari hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah (III/179, no. hadis, 915) dimana Rasulullah senantiasa membaca doa ini setelah salat Subuh.

Doa ini bukan hanya memiliki unsur dunia, tetapi juga terdapat unsur akhirat, dimana kita selain meminta kelancaran rezeki, ilmu yang bermanfaat, namun juga meminta Allah SWT agar mau menerima amalan yang telah kita usahakan hari itu.

Selain zikir di atas, jika ingin dilancarkan rezekinya setiap hari haruslah selalu berdoa kepada Allah SWT yang Ar-Razzaq atau Sang Pemberi Rezeki. Dari hadis ‘Ali, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah mengajarkan doa berikut:

Allahumak-finii bi halaalika ‘an haroomik, wa agh-niniy bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. Tirmidzi).

Mengutip Merdeka.com, selain zikir pembuka rezeki, kita juga dianjurkan untuk berdoa. Ada doa yang berasal dari kisah Nabi Musa ‘alaihis salam yang bisa Anda lafalkan agar dimudahkan segala urusan.

Doa ini terdapat dalam firman Allah yaitu,

“Musa berkata, ‘Robbisrohlii shodri, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatammillisaani yafqohu qouli.

Artinya: Ya Rabbku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku” (QS. Thoha: 25-28).

Selain itu, ada doa lain yang berisi permohonan agar diberi kemudahan dalam segala urusan. Doa ini berasal dari Anas bin Malik, dimana beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Allahumma laa sahla illa maa ja’altahu sahlaa, wa anta taj’alul hazna idza syi’ta sahlaa” (artinya: Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah. Dan engkau menjadikan kesedihan (kesulitan), jika Engkau kehendaki pasti akan menjadi mudah). (HR. Ibnu Hibban).  []

Advertisement
Advertisement